Satu - Satunya Tampil Beda, Koran Politik Paling Berani Mengkritik Terpanas dan Perang Terhadap Koruptor, Narkoba, Teroris Musuh Rakyat ~~~~~>>>>> Kami Menerima Artikel, Opini, Berita Kegiatan, Iklan Pariwara dapat mengirimkannya melalui email dutanusantaramerdeka@yahoo.co.id

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung 2024-2029, Inilah Harapan dari FORSIMEMA-RI


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia periode 2024-2029 akan segera dilaksanakan dalam hitungan minggu. Momentum penting ini mendapat perhatian khusus dari Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia (FORSIMEMA-RI). 

Ketua Umum FORSIMEMA-RI, Syamsul Bahri, menyampaikan harapan agar Presiden RI memilih Ketua MA yang memiliki rekam jejak yang baik, berkarir sesuai proses yang semestinya, serta memiliki sifat tegas, komitmen, konsisten, disiplin, dan ramah.

"Kami berharap Ketua MA yang terpilih mampu mengayomi antara atasan dan bawahan, serta merangkul rekan-rekan media untuk melanjutkan program kerja Mahkamah Agung ke masa depan yang lebih baik," ujar Syamsul Bahri usai sholat Jumat pada 13 September 2024, di Depok.

Selain itu, Ketua Umum FORSIMEMA-RI menegaskan pentingnya delapan poin utama yang menjadi dasar nilai luhur peradilan agung: kemandirian, integritas, kejujuran, akuntabilitas, responsibilitas, keterbukaan, ketidakberpihakan, dan perlakuan yang sama di hadapan hukum. 

Lebih dari itu, Syamsul Bahri menekankan bahwa delapan poin ini merupakan marwah MA yang diharapkan bisa terus dipertahankan untuk mewujudkan peradilan yang agung dan menjadi tumpuan harapan para pencari keadilan di Indonesia.

Editor: Arianto 


Share:

Pantau Venue PON di Medan, Ketua DPD RI Saksikan Pertandingan Bowling dan Wushu


Duta Nusantara Merdeka | Medan 
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melakukan kunjungan kerja ke Kota Medan, Sumatera Utara. Salah satu yang lokasi yang dikunjungi adalah venue Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dalam kunjungan tersebut, LaNyalla disambut oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni. Ketua DPD RI menyempatkan menyaksikan pertandingan bowling pada babak semi dan final mix double. Usai dari venue bowling, LaNyalla menyaksikan pertandingan wushu. 

Senator asal Jawa Timur itu mengakui membaca sejumlah pemberitaan tentang beberapa kekurangan, namun ia berharap semua pihak tetap semangat menyukseskan hajat olahraga nasional ini. Terutama para atlet untuk tetap fokus kepada pertandingan. 

“Kekurangan pasti ada, karena saya dengar memang ada beberapa persiapan yang mepet waktunya. Tetapi saya yakin dengan semangat dan kebersamaan kita bisa sukseskan PON Aceh-Sumut ini. Dan syukur Alhamdulillah bila ada rekor-rekor baru yang tercipta, karena itu salah satu indikator sukses pembinaan cabor tiap-tiap provinsi,” kata LaNyalla, Jumat (13/9/2024).

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga menilai pertandingan juga berjalan baik dan para atlet bertanding cukup bagus, suporter dan penonton juga cukup banyak. “Ini tolok ukur yang penting menurut saya. Pertandingan berjalan, atlet dapat berlaga dengan baik, dan antusias suporter dan penonton,” tandasnya. 

LaNyalla juga mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang membawa pulang medali dan meraih juara. Pada saat sama, ia juga menyemangati para atlet yang belum berhasil mendapatkan mendali pada ajang tersebut. 

"Selamat kepada para atlet yang sukses mengharumkan nama daerahnya masing-masing. Semoga kalian bisa membawa nama Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Untuk para atlet yang belum berhasil membawa pulang medali tak boleh berkecil hati. Tetap semangat dan rajin berlatih. Kalian tetap aset bagi daerah dan bangsa ini di masa mendatang," ujar LaNyalla.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua DPD RI didampingi anggota DPD RI Habib Ali Alwi (Banten) dan Bustami Zainuddin (Lampung), serta Staf Khusus Ketua DPD RI Sefdin Syaifudin. Selain Pj. Gubernur Sumut, ikut menyambut Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil dan HM Ali Affandi LNM. Juga Sekjen Pengurus Besar Persatuan Bowling Indonesia, Hasrial Arimis dan sejumlah pejabat lainnya.(Arianto)






Share:

Junaidi: Terimakasih Jamaah Majelis Ta'lim Raudhatul Muhibbin atas Suksesnya Gelaran Maulid Nabi


Duta Nusantara Merdeka | Banjar
Sebagai salah satu tinggalan Nabi Muhammad SAW untuk umatnya, keturunannya sudah selayaknya mendapat penghormatan dan rasa cinta seperti yang beliau terima. Sebagaimana anjuran dari sahabat termulia Rasulullah, Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq yang mengatakan, “Cintailah Muhammad melalui cinta kepada para keturunannya (Ahlul Bait).”

Hal ini disampaikan oleh Al Ustadz Muhammad Rijal Fathoni, S.Pd.I pada acara Peringatan Maulid Habibuna Muhammad SAW di Majelis Ta'lim Raudhatul Muhibbin, Jalan Martapura Lama Komplek Persada Raya 2 Jalur 4, Nomor 9 RT. 11 B, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kamis (12/9/2024) malam.

"Setiap muslim tentu berharap ingin bersama Rasulullah SAW kelak di surga. Bekal cinta itulah modal untuk bisa berjumpa beliau. Tentunya cinta tidak cukup hanya diucapkan di lisan, tapi harus tertanam dalam hati dan diiringi dengan upaya mengamalkan ajaran-ajarannya. Sebab, hakikat cinta adalah mengikuti yang dicintainya," ujar Ustadz Rijal.

Cinta kepada Rasulullah SAW, tambahnya, menjadi ukuran tinggi rendahnya iman seseorang. Orang yang mencintai beliau dengan sebenar-benarnya cinta akan merasakan nikmatnya iman.

Hadir dalam peringatan tersebut Habib Husein bin Ali Assegaf, Habib Abdurrahman Assegaf, Habib Syech Assegaf, Habib Salim Assegaf, Habib Soleh AlHabsyi, Habib Abdul Qodir AlHabsyi beserta ratusan jamaah dari berbagai penjuru di wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin.

Junaidi, selaku Ahlul Bait mengungkapkan kegembiraannya atas suksesnya pengajian rutin bulanan kali ini yang bertepatan dengan bulan kelahiran Baginda Nabi.
 
"Terima kasih kepada para hadirin semuanya tak terkecuali, yang telah menyempatkan hadir di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tanpa kehadiran kalian acara ini tak akan berjalan lancar," kata Junaidi.

Malam ini, lanjut Junaidi, kita berkumpul di dalam majelis ini dengan niat ikhlas dan tulus untuk memperingati acara Maulid Nabi agar ada hikmah yang bisa dipetik tentunya.

"Acara Maulid Nabi ini sebagai bentuk rasa syukur dan cinta, pengingat, dan sebagai alat meneladani sikap dan akhlak junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW, serta mengenalkannya kepada generasi muda lewat pembacaan shalawat, ceramah, dan lainnya," sambungnya.

"Diharapkan dengan adanya peringatan Maulid Nabi ini kita kembali memiliki semangat juang dalam beribadah kepada Allah, dan mempertahankan akidah dan akhlak kita," pungkas Junaidi. (Arianto)


Share:

Sekretaris Mahkamah Agung Lantik Delapan Hakim Tinggi Pengawas Mahkamah Agung


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Sekretaris Mahkamah Agung, Sugiyanto, S.H., M.H., melantik delapan Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, di tower lantai 2 gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (12/09/2024).

Sekretaris MA mengatakan, tugas pengawasan menjadi lebih cepat karena bertambah lagi Hakim Tinggi Pengawas. "Selamat bergabung, saya ingatkan bahwa jabatan adalah amanah atau kepercayaan yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya, dan diteladani oleh hakim dan aparatur", tegasnya.

Dirinya meminta kepada Hakim Tinggi yang baru dilantik agar bekerja dengan rasa tanggung jawab dan jaga intergritas, karena tugas kedepan sangat berat dengan melakukan pengawasan seluruh Indonesia.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia:

1, Nomor : 153/KMA/SK/KP4.1.3/VI ROMAWI /2024 Tanggal 27 Juni 2024.

2, Nomor :155/KMA/SK.KP4.1.3/VlI ROMAWI /2024 Tanggal 2 Juli 2024.
Tiga, Nomor : 170/KMA/SK.KP4.1.3/VII ROMAWI /2024 Tanggal 31 Juli 2024.

Adapun Hakim Tinggi Pengawas yang dilantik yakni:

1. NURULI MAHDILIS, S.H., M.H.
2. VICTOR TOGI RUMAHORBO, S.H., M.H.
3. MUJIONO, S,H., M.H.
4. SUPRIYATNA RAHMAT, S.H., M.H.
5. AMINUDDIN, S.H., M.H.
6. KUSMAN, S.IP., S.H., M.H.
7. Dr. Drs. MUHAMMAD FAUZI ARDI, S.H., M.H.
8. Dr. H. ARIF MUKHSININ, S.H.,M.H.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Direktur Badan Peradilan Umum, pejabat Eselon II dilingkungan Mahkamah Agung serta para undangan lainnya. (Arianto)


Share:

DPP-SPKN Soroti Maraknya Jual Beli LKS di Pekanbaru


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Peduli Keadilan Nasional (DPP-SPKN) menyoroti maraknya praktek jual beli buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di SD dan SMP di Pekanbaru, Kamis (13/9/2024). Sekjen DPP-SPKN, Romi Frans menegaskan bahwa modus menggunakan pihak ketiga untuk menjual buku ini masih terjadi, meskipun sudah ada aturan yang melarangnya.

Romi Frans menyebut, orang tua siswa masih terbebani biaya pembelian buku LKS, meski pendidikan dasar harus bebas biaya menurut Undang-Undang Sisdiknas. Ia mendesak Dinas Pendidikan Pekanbaru untuk segera menindak praktik ini. "Kepala Dinas Pendidikan harus mencari solusi untuk menghentikan praktik ini," tegas Romi.

Berdasarkan aturan Kemendikbud dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010, sekolah dilarang menjual buku pelajaran dan bahan ajar lainnya. Meski demikian, di lapangan masih ditemukan penjualan buku LKS, dengan sekolah sering kali melibatkan pihak ketiga seperti toko buku atau kedai fotokopi.

Selain itu, Romi juga menyoroti pengadaan seragam sekolah dengan harga tinggi yang masih terjadi di Pekanbaru, meski sudah dikoordinir oleh komite sekolah.

DPP-SPKN berencana untuk melakukan observasi lebih lanjut dan tidak menutup kemungkinan akan melaporkan hal ini kepada aparat penegak hukum (APH) jika terbukti melanggar.

Editor: Arianto 


Share:

Kasrem 031/WB Hadiri Syukuran HUT ke-65 PEPABRI


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han., yang diwakili oleh Kasrem 031/WB Kolonel Eko Agus Nugroho, S.I.P., M.Si., menghadiri syukuran peringatan HUT ke-65 PEPABRI (Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) pada 12 September 2024. Acara yang berlangsung di Kantor DPD PEPABRI Provinsi Riau, Jl. Sudirman, Pekanbaru, ini disambut oleh Ketua DPD PEPABRI Riau, Letkol (Purn) Sutan Siregar, S.H., beserta para anggota.

Dalam sambutannya, Kasrem menyampaikan apresiasi kepada para purnawirawan TNI dan Polri atas pengabdian mereka. "Kami menyadari bahwa tanpa jasa dan dedikasi para pendahulu, TNI dan Polri tidak akan berdiri kokoh seperti sekarang," ungkapnya. Ia juga menegaskan pentingnya menjaga semangat juang dan loyalitas para senior, serta komitmen menjaga keutuhan NKRI.

Peringatan ini, yang mengusung tema "Rajut Persatuan Demi Keutuhan Bangsa," menjadi momentum penting untuk mengingat nilai-nilai perjuangan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Riau, Kesbangpol, LVRI, prajurit TNI dan Polri, serta tamu undangan lainnya.

PEPABRI, yang telah berusia 65 tahun, diharapkan terus memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara. "Selamat HUT ke-65 PEPABRI. Semoga terus maju dan berjaya," tutup Kolonel Eko Agus Nugroho.

Editor: Arianto 




Share:

Korem 031/Wira Bima Gelar Komunikasi Sosial dengan Komponen Bangsa


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komando Resor Militer 031/Wira Bima menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Bangsa di wilayah jajaran Korem 031/Wira Bima. Acara ini mengangkat tema "Merajut Persatuan dalam Keberagaman melalui Pemberdayaan Komunitas", dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dan sinergi antara TNI dan berbagai elemen masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di gedung Auditorium Kaharuddin Nasution Korem 031/Wira Bima, Pekanbaru, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung dengan penuh kehangatan ini dihadiri oleh berbagai komunitas dan organisasi yang aktif di Provinsi Riau, termasuk Indonesia Offroad Federation (IOF), Classic Indonesia Community (CIC), Ketua Group Wilis, Ketua Ikatan Trail Adventure Riau (ITAR), dan Ketua Organisasi Burung Indonesia. Partisipasi dari berbagai kalangan ini mencerminkan keberagaman dalam kesatuan yang selalu dijunjung oleh masyarakat Indonesia.

Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P., M. Han., dalam hal ini diwakili oleh Kasiter Kasrem 031/WB Letkol Inf Nunung Wahyu N, S.E., M.Si., dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wadah untuk memperkuat dan menjaga stabilitas keamanan persatuan dan kesatuan bangsa. "Melalui komunikasi yang baik dan pemberdayaan komunitas, kita bisa merajut kebersamaan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara," ujarnya.

Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdialog secara langsung dengan perwakilan TNI terkait berbagai isu yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat dan bagaimana komunitas-komunitas ini dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang lebih erat antara TNI dan Rakyat demi mewujudkan keamanan dan kesejahteraan bersama. (Arianto)


Share:

Kormar Hadiri Presentasi Kendaraan Tempur Bawah Air


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Ir Kormar menghadiri Presentasi Kendaraan Tempur Bawah Air
Inspektorat Korps Marinir (Ir Kormar) Brigjen TNI (Mar) Tri Subandiyana, S.H., mewakili Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suherlan, mengikuti Presentasi Kendaraan Tempur Bawah Air (KTBA) dari PT. Penunjang Sarana Nusantara bertempat di Ruang Rapat Oakwood Taman Mini Jakarta, Rabu (11/09/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetyo, S.T., M.Soc., Sc., ini diawali pemutaran video pengenalan terhadap kendaraan selam taktis, presentasi, dan diakhiri dengan sesi tanya-jawab.

Carrier Seal merupakan Kendaraan Selam Taktis berukuran sedang, canggih, serba guna, mudah dirawat, dan merupakan kendaraan organik yang mampu meluncur di permukaan, menyelam di bawah air basah, yang dapat menyusup secara diam-diam ke suatu Area Operasi (AO) di permukaan dengan kecepatan tinggi, semi terendam, dan di bawah permukaan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Budi Raharjo, Dansatkopaska Koarmada I Jakarta Kolonel Laut (T) Evi Bayu P, S.T., M.Tr.Hanla., Wadan Denjaka, Perwakilan dari PT. Penunjang Sarana Nusantara dan Tamu undangan. (Arianto)


Share:

FKPWK Gelar Kopi Curhat di Tugu Pal Nol


Duta Nusantara Merdeka | Banjarmasin
Forum Kerukunan dan Pemerhati Warga Kalimantan (FKPWK) dan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) menggelar konsolidasi jelang HUT TNI ke-79 di sekretariat bersama mereka, eks Pandansari Hotel, Jalan Gatot Soebroto Raya Nomor 12, Ruko Nomor 2, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu, (11/9/2024).

Acara yang dihadiri oleh berbagai organisasi masyarakat (ormas) di Banjarmasin ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum FKPWK H. Rachmad Fadillah, SH dan Junaidi selaku Pembina FKPWK. Dalam sambutannya Junaidi menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan kerukunan baik di antara anggota maupun dalam konteks organisasi.

“Kita harus selalu menjaga harmoni dan saling menghormati baik secara pribadi maupun dalam kerangka organisasi,” tegasnya.

Ketua Harian FKPWK Dr. Drs. Akhmad Murjani, M.Kes., S.H., M.H. menambahkan bahwa organisasi ini telah mendapat sambutan positif dari pihak kepolisian terutama atas kontribusi mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelantikan Anggota DPRD Provinsi Kalsel pada Senin (9/9/2024) lalu.

H. Rachmad juga menyampaikan FKPWK akan menyelenggarakan kegiatan Kopi Curhat di Tugu Pal Nol, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin. “Kegiatan ini akan menampung berbagai masukan dari masyarakat dan memberikan bantuan hukum melalui FKPWK kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua GEPAK Kalsel H. Anang Misran juga menambahkan bahwa pada Sabtu (5/10/2024) pihaknya akan turut memperingati HUT ke-79 TNI dengan menurunkan personil lengkap berseragam resmi. “Kami siap turut serta dalam peringatan ini dengan semangat dan penuh dedikasi,” katanya.

Acara ini telah mencatat anggota yang ada sekitar 500 peserta dari berbagai ormas yang terdaftar di manajemen administrasi FKPWK dan GEPAK. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini dan banyak di antara mereka yang mengucapkan syukur atas terselenggaranya acara tersebut dengan baik.

Dengan adanya acara ini, FKPWK dan GEPAK berharap dapat terus berkontribusi dalam menjaga persatuan dan keamanan masyarakat sertta mendukung TNI dalam menjalankan tugas negara dengan berlangsungnya acara konsolidasi ini maka nantinya setelah acara tersebut, dari pihak pejabat utama organisasi FKPWK dan GEPAK tentunya akan bertandang dan bersilaturahmi ke Kantor Korem 101/Antasari di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, guna melaporklan perihal keturutsertaan para ormas nantinya jelang HUT TNI.

Junaidi juga mengharapkan dengan terbentuknya organisasi ini tidak lain adalah menambah silaturahmi antar masyarakat, dan juga terpenting adalah saling menjaga keutuhan sesama saudara dan tetap menjaga keutuhan NKRI. (Arianto)


Share:

Rapat Koordinasi Penyusunan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2025


Duta Nusantara Merdeka | Yogyakarta 
Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) pada Mahkamah Agung dan Peradilan di bawahnya tahun 2025 pada tanggal 9-11 September 2024 bertempat di Hotel Alana, Yogyakarta.

Sekretaris Mahkamah Agung, Sugiyanto, S.H.,M.H membuka secara resmi kegiatan tersebut melalui zoom. Sekretaris MA menyampaikan dalam sambutannya bahwa ia mendorong untuk meningkatkan nilai kerja anggaran pada satuan kerja yang sesuai dengan tata kelola perencanaan dan pelaksanaan anggaran, dan satuan kerja juga harus menjaga kualitas perencanaan, pelaksanaan, serta hasil pelaksanaan anggaran.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Sahwan, S.H.,M.H menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan dilakukannya kegiatan Rapat Koordinasi ini, yaitu untuk melakukan kajian dan analisa atas alokasi pagu anggaran yang telah diinput ke aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dengan mengoptimalkan alokasi yang sudah tersedia. 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan penyesuaian pada Belanja Barang Operasional (BBO) antara lain untuk pakaian dinas hakim, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sewa rumah dinas hakim, honor Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) atas SBM 2024, honorarium Pengelola Keuangan atas SBM 2025.

Sahwan juga menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk melakukan sinkronisasi dan rasionalitas antar satker untuk alokasi belanja perjalanan dinas dalam satu wilayah Tingkat Banding dan melakukan penyesuaian pada Belanja Barang Non Operasional (BBNO) yaitu penginputan RO Standar Biaya Keluaran Umum (SBKU) untuk mengakomodir pengadaan barang dengan nilai di bawah nilai kapitalisasi (ekstrakomptabel) dan juga penginputan alokasi P4GN bagi satuan kerja yang telah ditetapkan pengalokasiannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 238 orang yang terdiri dari Sekretaris, para Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian serta operator Rencana Program dan Anggaran pada Pengadilan Tingkat Banding empat Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia. (Arianto)


Share:

Partai Buruh Bakal Gelar Peringatan 3 Tahun


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Partai Buruh akan menggelar acara memperingati 3 tahun Kebangkitan Klas Buruh pada Rabu, 18 September 2024, di Istora Senayan. Acara ini akan dimulai pukul 10.00 pagi dan akan diikuti dengan salat Jumat bersama, diakhiri dengan orasi politik yang dihadiri oleh Presiden Terpilih, Jenderal Prabowo Subianto.

Ferri Nuzarli, Sekretaris Jenderal Partai Buruh, menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengenang perjalanan Partai Buruh yang dimulai sejak 2001, dengan nama awal Partai Buruh Sosial Demokrat. Partai ini kemudian berganti nama menjadi Partai Buruh pada 2005 dan telah mengikuti Pemilu dua kali, pada 2004 dan 2009. 

"Acara ini akan dihadiri 20.000 massa dari 38 provinsi, serta tokoh politik dan pimpinan serikat pekerja. Jenderal Prabowo Subianto dijadwalkan hadir pukul 15.00 untuk memberikan pidato," kata Ferri di Jakarta, Rabu (11/09/2024).

Dalam orasi politiknya, Ferri mengungkapkan, Partai Buruh akan menyampaikan beberapa tuntutan, termasuk pengkajian ulang Undang-Undang Cipta Kerja, penetapan upah minimum berbasis kebutuhan hidup layak, pendidikan gratis hingga perguruan tinggi, penghapusan sistem kerja outsourcing, pengangkatan guru honorer menjadi PNS, dan reforma agraria. 

"Harapannya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan bijaksana dan menciptakan demokrasi yang adil untuk rakyat dan nelayan di Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 


Share:

Rachel Kristina Dandan Raih Bintang Award


Duta Nusantara Merdeka | Banjarbaru 
Dalam gelaran Award X Gemuruh Apresiasi Karya Intan Kalimantan 2024 yang dihelat di Atrium lantai dasar Q Mall Banjarbaru, Ahad (8/9/2024) ada sosok remaja puteri berprestasi yang cukup jadi perhatian.

Rachel Kristina Dandan (17) tampil sebagai salah satu penerima penghargaan Bintang Award yang rutin diselenggarakan saban tahun oleh Granada Executive Duta Marlyn di bawah pimpinan Lies Noor Marlina, SE. 

Mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Jurusan Manajemen ini menjadi salah satu contoh anak milenial yang mengesankan dengan deretan prestasi gemilang yang pernah diraihnya.

Sebut saja, capaian prestasinya yang pernah diraih adalah Olimpiade Pelajar Merdeka Nasional (Bahasa Inggris), Nawasena Olimpiade Batch II (Ekonomi), Nawesena Olimpiade Batch II (Bahasa Inggris), Olimpiade Pelajar Merdeka Nasional (Matematika).  

Rachel mengungkapkan dengan didapatnya dari Penghargaan Bintang Award kali ini, ia merasa senang sekali, karena sebelumnya tidak pernah mendapatkan penghargaan seperti itu. Biasanya, katanya hanya mendapatkan piagam penghargaan tidak pernah mendapatkan piala. 

"Ini juga merupakan hal baru bagi saya, karena belum banyak pengalaman juga dan berani coba hanya di kelas 12 coba- coba ikut di Olimpiade dan lomba-lomba,” ujar perempuan cantik kelahiran 14 Oktober 2006 ini.

Dengan diraihnya Penghargaan Award ini menjadi motivasi baginya untuk melangkah lebih lanjut dan ingin lebih banyak ikut kegiatan lagi seperti ikut berbagai event lomba.

“Diberinya penghargaan ini menjadi kebanggaan juga bagi saya. Karena saya merasa hebat dari sebelumnya dan ini pun berkat dukungan keluarga terutama nenek saya Yetra Muri yang selalu menemani Rachel," ungkapnya. 

Ia tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada Bu Merlyn (panggilan akrab Lies Noor Marlina) yang sudah memberikan penghargaan kepadanya.

Di balik kesuksesannya itu, Rachel mengatakan dirinya menyukai pelajaran Bahasa Inggris, Ekonomi dan Matematika ketika masih duduk di bangku SD. Itu berlangsung sampai sekarang. "Awal mulai saya suka mata pelajaran itu, selain saya merasa memiliki bakat pada mata pelajaran tersebut, juga pelajarannya seru dan menantang," ucap Rachel. 

“Menurut saya mata pelajaran Matematika itu memiliki teka teki yang harus dipecahkan. Sehingga saya merasa senang dan puas bisa memecahkan atau menemukan jawaban dari satu soal. Dalam menekuni mata pelajaran, saya tak hanya belajar sendirian, berkat dukungan dari keluarga dan juga mengikuti bimbingan les di luar sekolah, meski waktu itu baru sekolah SD, nyatanya saya bisa menguasai materi hingga tingkat sekolah SMA," pungkasnya. (Arianto)
 


Share:

Pisah Sambut Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Brigjen Pol Hermanta Serahkan Jabatan kepada Mukhilsh Tohepaly


Duta Nusantara Merdeka | Cilegon 
Acara pisah sambut pejabat Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, berlangsung khidmat pada hari ini. Brigjen Pol. Hermanta, M.H., M.M., M.Mar., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, secara resmi menyerahkan jabatannya kepada pejabat baru, Mukhilsh Tohepaly. 

Rotasi ini merupakan bagian dari langkah komitmen Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kinerja di sektor transportasi laut.

Brigjen Pol. Hermanta, yang telah bertugas selama beberapa tahun, dikenal atas kontribusi dan pencapaiannya bagi Pelabuhan Banten sebagai salah satu Pelabuhan di Indonesia yang mendapat rapor Hijau dari Stranas PK dalam pemangkasan birokrasi, peningkatan layanan serta sistem pengawasan di kawasan pelabuhan.

"Kami berharap pejabat baru dapat melanjutkan program-program yang telah berjalan dengan baik dan membawa inovasi yang lebih segar ke depan," kata Brigjen Pol. Hermanta, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pisah Sambut di Hotel The Royale Krakatau Cilegon, Selasa (10/9/2024).

Mukhilsh Tohepaly, yang kini memegang tongkat estafet kepemimpinan di KSOP Banten, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan dan memperkuat pengawasan di wilayah pelabuhan. (Bdi) 

"Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk melanjutkan tugas dan tanggung jawab ini, serta bekerja sama dengan seluruh elemen untuk memajukan sektor transportasi laut di Banten," ujar Mukhilsh.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten serta perwakilan dari berbagai instansi stekholder, Pemerintah Daerah, TNI, Polri di wilayah banten dan Perusahan Pelayaran. (Arianto)



Share:

Silaturahmi di Mapolda Riau: Wujudkan Pilkada Damai 2024


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Dalam rangka menciptakan suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai, Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han, menghadiri acara silaturahmi bersama tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024. Acara yang digelar di Mapolda Riau pada Selasa (10/09/2024) ini bertujuan memperkuat komitmen semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pilkada.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Dany Rakca menekankan pentingnya sinergi antara pihak keamanan, penyelenggara pemilu, dan masyarakat dalam menjaga suasana Pilkada yang aman, damai, dan demokratis. "Silaturahmi ini merupakan langkah awal untuk membangun komunikasi yang baik sehingga kita dapat menciptakan Pilkada yang damai, jauh dari permusuhan," ungkapnya.

Acara ini juga diisi dengan diskusi interaktif mengenai peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan mencegah potensi konflik selama proses Pilkada berlangsung. Brigjen TNI Dany Rakca mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam memantau dan melaporkan segala potensi gangguan yang dapat mengancam kelancaran Pilkada. “Kami berharap masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, serta saling mendukung untuk mewujudkan Pilkada yang jujur dan damai,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Riau sementara, Makmun Solikihin, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, serta sejumlah tokoh masyarakat, agama, dan pejabat Forkopimda. Mereka semua menyatakan komitmennya untuk bersama-sama menjaga kedamaian selama Pilkada 2024 di Riau.

Kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik dalam menyongsong Pilkada serentak di Riau, dengan harapan para kandidat dan pendukung dapat bersaing secara sehat dan menjaga perdamaian di tengah masyarakat.

Editor: Arianto 


Share:

Penguatan usaha UMKM, KPP Semtim Gelar BDS Digital Marketing


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
“Sekarang semua serba digital pakai tiktok segala macam, acara ini kita harapkan bisa meningkatkan kegiatan usaha,” ungkap Pestamen Situmorang Kepala KPP Pratama Semarang Timur saat membuka kegiatan Business Development Services (BDS) dengan tema “Omset Amazing dari Digital Marketing, Makin Menyala dengan Sertifikat Halal” bertempat di aula lantai 4 KPP Pratama Semarang Timur, Semarang. (Rabu, 31/7).

Mengawali kegiatan BDS, acara diawali dengan pemberian penghargaan kepada wajib pajak dengan kategori sebagai salah satu kontribusi pembayar pajak terbesar, Kepala KPP Pratama Semarang Timur Pestamen Situmorang menyerahkan piagam penghargaan kepada wajib pajak dengan kategori kontribusi pembayar pajak terbesar tahun 2022 dan 2023.

Pihak yang diundang dalam kegiatan BDS yaitu, 33 peserta yang terdiri dari Wajib Pajak UMKM KPP Pratama Semarang Timur dan UMKM binaan beberapa Instansi Pemerintah di Kota Semarang, 4 wajib pajak penerima penghargaan dan 4 relawan pajak KPP Pratama Semarang Timur.

Sambutan Kepala KPP Pratama Semarang Timur, Pestamen Situmorang menyampaikan BDS ini sebagai wujud pemerintah untuk memperdayakan atau memberikan penguatan kepada pelaku bisnis UMKM. Pestamen mengedukasi kembali terkait masalah perubahan NPWP dari 15 digit menjadi 16 digit, “Kita mau menuju Single Identity Number (SIN), jadi kita memakai satu nomor saja (NIK) untuk berbagai keperluan sehingga mempermudah kita nantinya, NIK kita itu tidak berubah dari lahir sampai meninggal”, ujarnya.

“Ini hanya merubah NPWP menjadi NIK, Saya yakin disini semua sudah melakukan validasi, karena NPWP yang lama nantinya tidak bisa dipakai lagi”, imbuhnya.

BDS tahun ini menghadirkan dua narasumber, Fuad Adi (Entrepreneur Coach-KADIN Semarang) sebagai pembawa materi digital marketing dan Teguh Trirohadi (Pendamping Halal) sebagai narasumber materi sertifikat halal.

“Digital marketing adalah praktik pemasaran produk atau layanan menggunakan saluran dan teknologi. Karena melibatkan penggunaan platform online seperti website, media sosial, dan email untuk mencapai dan berinteraksi dengan audiens target. Tujuannya adalah menciptakan kesadaran, menghasilkan prospek, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui penggunaan strategi pemasaran digital yang efektif.” ungkap Fuad mengawali paparannya.

Fuad menyampaikan 5 langkah memulai digital marketing yaitu, menemukan target market dan produk yang tepat, pilih produk yang menyajikan solusi terbaik, membangun website pribadi, memanfaatkan sosial media, dan menggunakan SEO, SEM, dan sosial media Ads.

Setelah penyampaian materi digital marketing, dilanjutkan materi selanjutnya mengenai sertifikat halal yang disampaikan oleh narasumber pendamping halal, Teguh Trirohadi. Teguh mengedukasi ketentuan sertifikat halal kategori reguler dan sertifikat halal kategori self declare kepada peserta.

Teguh mengingatkan kembali kepada peserta BDS, “Bapak Ibu dengan produk makanan dan minuman usaha mikro dan kecil (UMK) diberlakukan mulai Oktober 2026”, ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian testimoni peserta atas pelaksanaan kegiatan BDS oleh Adi, pelaku UMKM binaan KPPN Semarang I yang memproduksi pempek palembang. 

Adi mengungkapkan bahwa, Setelah mengikuti kegiatan BDS ini, jujur banyak sekali manfaatnya, menambah opsi marketing kita pada marketing digital, harapan kita pastinya penjualan akan meningkat dan banyak pelatihan-pelatihan yang akan dilakukan oleh Kementerian Keuangan khususnya KPP Pratama Semarang Timur. (Arianto)


Share:

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Lantik Pejabat Pengawas pada Ditjen Badilum


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum melakukan promosi dan mutasi untuk mengisi serta menyegarkan posisi pejabat pengawas atau Eselon IV. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat pengawas ini berlangsung pada Senin (9/9/2024), di Ruang Auditorium Lt.12, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.H., M.H, memimpin langsung pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat pengawas ini. 

Dalam kesempatan ini, beliau meminta agar para pejabat pengawas yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan amanah, penuh tanggung jawab dan sebaik-baiknya.

Dua orang pejabat pengawas yang baru mendapat promosi adalah:

Nisa Tunjung Hapsari, S.I.Kom sebagai Kepala Subbagian Akuntansi, dan Oktaviandi Wahyu Nugroho, S.T sebagai Kepala Seksi Bimbingan II. Sementara pejabat pengawas menjalani mutasi atau alih tugas yaitu:

Rudi Pramudyanto, S.T, M.M dari Kepala Subbagian Tata Usaha menjadi Kepala Subbagian Umum Kepegawaian;
𝟏. Indra Kurniawan, S.E, M.M. dari Kepala Subbagian Perlengkapan menjadi Kepala Subbagian Rumah Tangga;
𝟐. Aris Priyanto, S.T. dari Kepala Subbagian Kelembagaan dan Pelaporan menjadi Kepala Subbagian Tata Usaha;
𝟑. Achmad Basyari, S.E dari Kepala Seksi Pelayanan menjadi Kepala Seksi Bimbingan I;
𝟒. Ida Bagus Swardana Putra, S.Kom, S.H., M.H. dari posisi Kepala Seksi Statsitik menjadi Kepala Seksi Tata Persidangan;
𝟓. Reni Kartini, S.H dari Kepala Seksi Tata Persidangan menjadi Kepala Seksi Pelayanan Peradilan;
𝟔. Dr. Muhamad Wakhid, S.E, S.H, M.M, M.H dari Kepala Subbagian Rumah Tangga menjadi Kepala Subbagian Perlengkapan;
𝟕. Ratna Sari, S.H, M.H dari Kepala Subbagian Umum Kepegawaian menjadi Kepala Subbagian Kelembagaan dan Pelaporan;
𝟖. Aditya Widyartadi, S.Kom dari Kepala Seksi Bimbingan I menjadi Kepala Seksi Statistik;
𝟗. Imron Sya’bana, S.H, M.M dari Kepala Subbagian Akuntansi menjadi Kepala Subbagian Perencanaan Program dan Penyusunan Anggaran.

Pelantikan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi pratama (Eselon II), pejabat administrator (Eselon III) dan pejabat pengawas (Eselon IV) pada Ditjen Badilum. (Arianto)


Share:

Ketua MA Resmikan Ruang Sidang Syarifuddin PT Bandung


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Saya senang, bahagia, dan bangga bisa meresmikan ruang sidang utama yang menggunakan nama saya. Hal itu disampaikan Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. saat meresmikan nama ruang sidang utama Pengadilan Tinggi (PT) Bandung pada Jumat (6/9/2024). 

Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa PT Bandung bukanlah yang pertama menamakan ruang sidang dengan namanya. Sebelumnya, sudah ada beberapa pengadilan yang menamakan ruang sidang dengan namanya. Baginya, ia senang dan bahagia dengan penamanaan itu. 

Namun, ia berharap semoga penggunaan nama ini bukan sekedar penghargaan, tetapi juga bisa menjadi penyemangat dalam memberikan putusan-putusan yang berkualitas dan memiliki konsistensi putusan. 

“Semoga ruang sidang ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan tugas peradilan. Semoga juga dari ruang sidang ini lahir putusan-putusan yang lahir karena kebenaran, putusan yang memberikan keadilan bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung itu.

Sebagai infomasi, ruang sidang utama PT Bandung tersebut sudah puluhan tahun digunakan, baik untuk sidang perkara maupun untuk rapat. Namun, hingga kini ruang tersebut belum memiliki nama.

Atas inisiatif pimpinan PT Bandung, Penamaan baru dilakukan pada tahun 2024 ini dengan memilih nama Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., sebagai nama ruang sidang utamanya.

Ketua PT Bandung Dr. Moh Eka Kartika, E.M., S.H., M.Hum., menjelaskan bahwa nama Syarifuddin dipilih untuk penamaan gedung ini bukan sekedar penghargaan, namun juga menjadi simbol kesungguhan dalam menegakkan keadilan. Karena menurutnya, Syarifuddin merupakan inspirasi dalam mencapai tujuan peradilan yang agung. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua MA juga meresmikan inovasi baru PT Bandung yaitu aplikasi e-Cakra (elektronik capaian kinerja).

Terkait aplikasi ini, Ketua MA merasa bangga dengan inovasi yang diciptakan oleh PT Bandung. Hal ini menurutnya merupakan bukti nyata dari komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. 

“Saya apresiasi PT Bandung untuk inovasi ini, karena artinya mereka memiliki tujuan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Ketua MA. 

Ketua MA berharap aplikasi ini bisa dijadikan contoh pengadilan lain. 

“Semoga e-cakra bisa mempercepat visi misi kita dalam menuju peradilan yang agung yaitu peradilan yang menggunakan teknologi,” harap Ketua MA.

Hadir pada acara ini, Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung, Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, perwakilan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Ketua Umum Dharmayukti Karini, para hakim tinggi dan hakim tingkat pertama di wilayah Jawa Barat, serta undangan lainnya. (Arianto)




Share:

Hakim Djuyamto yang bertalenta Seni, launching Buku "Greget Kartasura"


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta
Sebagai salah seorang yang lahir asli di Kartasura, Mas Djoe atau Pak Djuyamto SH MH di samping profesinya dalam  bidang Hukum yang di mana beliau saat ini di berikan amanah oleh Negara sebagai  seorang Hakim dan salah seorang Pengurus Pusat IKAHI dan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,ternyata beliau mempunyai talenta dan bakat seni yang dimiliki nya.

Dibuktikan pada saat di Pelataran Watu Kembar Keraton Kartasura tepat nya pada Sabtu
malam( 03/06/2024), meluncurkan Buku " Greget Kartasura " prakarsa Pak Djoe yang ditulis oleh tim yaitu NELWANDI, Hendaru, Elsye dan Sukarno.

Diluncurkannya Buku " Greget Kartasura" adalah sebagai bentuk kepedulian Pak Djoe dan kawan kawan untuk menggelorakan aksi seni budaya yang dinamakan "Kartasura Greget " pada awal tahun 2018.

Bapak Djuyamto SH MH biasa di sapa Pak Djoe,ingin merangkul masyarakat tanah kelahiran Pak Djoe sendiri ,Kartasura Sukoharjo untuk meningkatkan literasi budaya lokal melalui Buku "Greget Kartasura" yang di mana budaya lokal sudah mulai tergerus oleh perkembangan Zaman Modernisasi sekarang ini.

Menanggapi hal ini, Ki Danang Suseno Putra Almarhum Ki Mantep Sudarsono mengatakan dengan di luncurkan nya Buku "Greget Kartasura" ada Pesan dan nilai  Positif dari para leluhur kepada regenerasi bangsa ini.

Ki Dalang Suseno sangat mengapresiasi pemrakarsa "Greget Kartasura Om Djoe" sebagai Putra Abdi Dalam Kartasura, dalam menorehkan kembali budaya, adab dan estetika yang di wariskan oleh leluhur ke generasi penerus juga ada nya Keroncong Greget pelestarian budaya Indonesia...

Sementara itu, Pesan moral dari Syamsul Bahri, Ketua Umum FORSIMEMA-RI untuk Bapak Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan,dalam sambutan di buku menyatakan agar apa yang di lakukan oleh Pak Djuyamto SH MH alias Pak Djoe dapat di apresiasi dan didukung. (Arianto)




Share:

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisual Hadiri Rapat Kelompok Kerja Penanganan Tindak Pidana Perpajakan


Duta Nusantara Merdeka | Cianjur 
Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisual, Suharto, S.H., M. Hum, menghadiri Rapat Kelompok Kerja Penanganan Perkara Tindak Pidana di Bidang Perpajakan di Hotel Grand Aston Puncak Cianjur, Jumat (6/9/2024).

Diketahui, Tim Kecil Kelompok Kerja Penanganan Perkara Tindak Pidana di Bidang Perpajakan Mahkamah Agung telah menyusun Rancangan Peraturan Mahkamah Agung tentang pedoman penanganan tindak pidana di bidang perpajakan.

Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial mengatakan, salah satu mandat dari kelompok kerja tersebut adalah mempersiapkan regulasi terkait tindak pidana perpajakan. Kelompok Kerja ini mengadakan rapat untuk membahas Rancangan PERMA Tentang Tata Cara Penanganan Perkara Tindak Pidana di Bidang Perpajakan.

Suharto berharap melalui rapat ini, kedepan adanya konsistensi putusan dan adanya peningkatan kapasitas para hakim terkait pemahaman tindak pidana pajak.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, S.E., Ak., M.B.T., PhD dalam rapat tersebut menyampaikan penegakan hukum pidana perpajakan yang berintegritas, kolaboratif, dan berkeadilan sangat mendukung dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang pada akhirnya meningkatkan penerimaan negara.

Berkaitan dengan hal ini, kami tidak bisa bergerak sendiri sehingga perlu membangun hubungan dengan Mahkamah Agung, terutama mengenai pedoman implementasi lapangan.

Alhamdulillah, di tahun 2021 terbitlah SEMA 4 2021 yang memberikan pedoman bagi hakim dalam penanganan perkara tindak pidana dibidang perpajakan.

Dirjen Pajak bersyukur Mahkamah Agung telah banyak menangkap permasalahan yang masih terjadi dilapangan di dalam rancangan PERMA sebagai langkah untuk memberikan pedoman dan mewujudkan kesepahaman dalam penanganan perkara tindak pidana di bidang perpajakan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kamar Pembinaan pada Mahkamah Agung, Syamsul Maarif, S.H., L.LM., PhD mengatakan, Rapat Pleno Pembahasan Rancangan Peraturan Penanganan Perkara Tindak Pidana Perpajakan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajak dengan cara penegakan hukum yang pasti. Untuk itu diperlukan peraturan Mahkamah Agung tindak pidana perpajakan.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Kamar Pidana pada Mahkamah Agung, para Hakim Agung, para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Mahkamah Agung serta para Hakim Yustisial pada Mahkamah Agung. (Arianto)


Share:

Inilah Sejarah Masjid Hasanuddin Madjedie 38 Tahun Lalu


Duta Nusantara Merdeka | Banjarmasin
Sekitar 6.000an lebih massa tumplek blek memadati halaman Masjid Hassanudin Madjedie (MHM), Jalan Brigjen H. Hassan Basry, Kayutangi, Kelurahan Pengeran hingga ke area Bundaran Kayutangi dan sampai ke Jalan Perdagangan, Banjarmasin Utara, Sabtu (7/9/2024) pagi. 

Mereka adalah peserta Jalan Sehat yang diselenggarakan oleh pengurus dan jajaran MHM dalam rangka mengenang sejarah 38 tahun MHM Banjarmasin.

Peserta yang berdress code merah putih ini melakukan start tepat pukul 7 dengan menempuh rute Jalan Brigjen H. Hassan Basry, Kayutangi saja hingga putar balik di bawah Jembatan Sei Alalak 2 atau yang viral disebut dengan 'Jembatan Basit' dan kembali ke halaman MHM.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Takmir MHM, H. Ipansyah, SE, MM menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan sejarah pembangunan masjid.

"Hari ini kita adakan jalan sehat dan besok tabligh akbar. Acara ini digelar untuk mengenang 38 tahun berdirinya MHM yang dibangun untuk mengenang sosok Hasanuddin Madjedie, seorang mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (Unlam, masa itu) Angkatan 1966 yang gugur tertembak," jelasnya.

Menurutnya, usulan pemberian nama masjid ini datang dari teman-teman angkatan almarhum Hasanuddin Madjedie. 

Hasanuddin Bin Haji Madjedi lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Desember 1945 – meninggal di Banjarmasin, 10 Februari 1966 pada umur 20 tahun. 

Ia adalah mahasiswa Unlam (sekarang sebutannya ULM) yang tewas karena ditembak di depan Toko Roti Minseng, Banjarmasin pada tanggal 10 Februari 1966, sewaktu berlangsungnya demonstrasi mahasiswa yang menuntut Tritura atas pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno. 

Ia diangkat sebagai Pahlawan Amanat Pembelaan Rakyat (Ampera) dari Banjarmasin dan dimakamkan berdampingan dengan Pangeran Antasari, yaitu di Kompleks Makam Pangeran Antasari di area Kuburan Muslimin, Jalan Mesjid Jami Banjarmasin Utara.

"Banyak usulan yang diajukan saat itu, dari diabadikan sebagai nama jalan, patung, hingga akhirnya disepakati untuk menjadi nama masjid. Awalnya masjid ini hendak dibangun di kompleks Unlam, namun tidak mendapatkan izin, sehingga lokasi sekarang yang dipilih," tambah Ipansyah.

Sementara itu Wakil Ketua Panitia H. Danny Wahyudin menyebutkan seluruh hadiah yang disediakan panitia adalah partisipasi dari para donatur dan sponsor. "Untuk hadiah hiburan sebanyak 69 buah ditambah hadiah besar dan hadiah utama," ujar Danny.

Ke-69 hadiah hiburan tersebut meliputi 5 setrika, 5 termos, 9 Voucher Indomaret, 24 Oli Federal Matic, 12 payung, 2 set alat pembersih lantai dan 12 Voucher Alaska Park Banjarbaru.

Selain itu, hadiah besar dan hadiah utama adalah 1 paket umroh gratis, 2 voucher umroh Rp5 juta, 1 sepeda listrik Exotic, 3 kulkas 2 pintu, 2 sepeda gunung, 2 TV, 2 mesin cuci, 7 kompor gas, 2 dispenser, 2 blender, 11 rice cooker, dan 14 kipas angin.

Alhasil, pemenang yang beruntung mendapatkan umroh gratis adalah Abdullah Ahmad, warga Jalan S. Parman, Komplek Rumah Sakit Islam, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

"Alhamdulillah, saya tidak mengira, tidak menyangka bahkan tidak membayangkan akan mendapatkan umroh gratis. Dan malam tadi pun saya tidak ada firasat dan tidak bermimpi apa-apa," pungkas jamaah Masjid An-Nur, Jalan Antasan Kecil Barat, Kampung Arab yang juga kader Al-Irsyad Al-Islamiyah Kota Banjarmasin ini. (Arianto)


Share:

Gus Halim: Agar Bisnis BUMDesa Makin Maju, Sistem Keuangannya Harus Sesuai Standar


Duta Nusantara Merdeka | Kampar 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, menekankan pentingnya standarisasi keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) sebagai kunci utama untuk mengembangkan bisnis. 

Regulasi ini tercantum dalam Keputusan Kemendesa No 136 Tahun 2022, yang bertujuan menciptakan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa.

"Kebijakan lanjutan yang penting untuk penguatan posisi bisnis BUMDesa, terutama untuk bekerja sama dengan entitas bisnis lainnya, ialah standar keuangan BUMDesa, dalam Kepmendes PDTT Nomor 136 Tahun 2," ujar Gus Halim sapaan akrabnya saat membuka Workshop Analisis Pengembangan Usaha dan Laporan BUMDesa/BUMDesa Bersama di Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Pekanbaru, Sabtu (7/9/2024).

Menurutnya, standarisasi keuangan merupakan langkah vital dalam memajukan BUMDesa, karena mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Gus Halim juga menegaskan bahwa kolaborasi antara pengurus BUMDesa dan masyarakat akan berjalan lebih baik jika pengelolaan keuangannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Dengan keuangan yang baik maka akan terjadi akuntabilitas dan transparansi sehingga kepercayaan masyarakat kepada BUMDesa semakin meningkat. Tanpa kepercayaan masyarakat maka bisnisnya tidak akan pernah bisa berkembang," tuturnya.

Gus Halim menambahkan bahwa meskipun kebutuhan setiap BUMDesa berbeda-beda di setiap daerah, standar keuangan yang seragam tetap diperlukan. Workshop ini menjadi langkah strategis untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, terutama di Provinsi Riau.

Salah satu cara untuk meningkatkan standarisasi keuangan BUMDesa adalah dengan memastikan setiap BUMDesa terdaftar secara resmi di Kemenkumham. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 21.607 BUMDesa dari total 62.580 yang sudah berbadan hukum, dengan rincian 19.973 BUMDesa, 281 BUMDesa Bersama, dan 1.353 BUMDesa Bersama LKD.

Gus Halim berharap angka ini terus bertambah melalui berbagai kegiatan, termasuk penyelenggaraan workshop yang melibatkan pengurus BUMDesa, BUMDesa Bersama, dan BUMDesa Bersama LKD.

Dalam acara tersebut, Gus Halim didampingi oleh Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela, Kepala Puslatmas Fujiartanto, dan Kepala BPPMDPDTT Pekanbaru Efi Sumarliningsih. Turut hadir juga Kepala Dinas PMD Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau Djoko Edy Imhar, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Boby Rachmat, serta Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Lukmasyah Badoe. (Arianto)


Share:

PSG Rilis Survei Pilkada Jakarta: Potensi Dua Putaran


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Political Strategy Group (PSG), lembaga think tank dan konsultan kebijakan publik, merilis survei terbaru terkait Pilkada Jakarta 2024. Survei ini mengungkapkan dinamika elektoral yang terjadi setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mempengaruhi peta politik di Jakarta. Hasil survei ini menjadi acuan penting bagi para kandidat, termasuk Ridwan Kamil (RK), Pramono Anung, dan Dharma Pongrekun, untuk menentukan strategi ke depan.
 
"Peluang untuk memenangkan Pilkada dalam satu putaran sangat tipis. Jakarta masih menerapkan syarat mayoritas lebih dari 50% suara sah untuk menentukan pemenang. Dengan demikian, RK harus bekerja keras untuk menarik suara pendukung Anies Baswedan dan Ahok, yang sebagian besar mungkin mendukung PDIP," kata Ahsan Ridhoi, Chief Research Officer PSG, saat rilis Survei Pilkada Jakarta bertajuk "Makna Elektoral Pra & Pasca Putusan MK, Kemana Pendukung Anies & Ahok Dan Pesan Warga Untuk 3 Kandidat" di Jakarta, Sabtu (07/09/2024).

Survei ini juga menunjukkan bahwa jika 42% pemilih yang tidak mendukung RK hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS), suara mereka bisa menjadi mayoritas dalam kondisi partisipasi pemilih mencapai 80%. "Hal ini membuka peluang bagi Pramono Anung dan Dharma Pongrekun untuk merebut suara pendukung Anies dan Ahok, yang bisa menjadi penentu dalam putaran kedua," ungkapnya.

Diskusi ini menganalisis bagaimana putusan MK akan mempengaruhi preferensi pemilih dan dinamika politik di Jakarta. PSG menekankan pentingnya strategi yang matang bagi para kandidat untuk memenangkan Pilkada Jakarta, terutama dalam menghadapi ketidakpastian politik dan perubahan dukungan pasca putusan MK.

Pilkada Jakarta 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik paling dinamis, dengan hasil survei ini memberikan gambaran penting tentang bagaimana peta politik Jakarta mungkin berkembang.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 



Share:

Perjuangan Kesejahteraan Hakim Menuju Indonesia Emas dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta
Ketua Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia (FORSIMEMA-RI), Syamsul Bahri, menyampaikan harapannya kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka agar kesejahteraan hakim menjadi perhatian utama dalam pemerintahan mendatang. Harapan ini muncul seiring dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk anggota DPR RI Benny K Harman dan Ketua Komisi Yudisial, Amzulian Rifai, yang menyoroti kurangnya perhatian negara terhadap kesejahteraan hakim.

Benny K Harman, anggota Komisi III DPR RI, menegaskan pentingnya negara untuk hadir dalam memperbaiki kesejahteraan hakim. Senada dengan itu, Jumyanto, Pengurus Pusat IKAHI dan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa kesejahteraan hakim masih jauh dari ideal, mengingat tugas berat yang mereka emban dalam menegakkan keadilan.

Disisi lain, Ketua Umum FORSIMEMA-RI, Syamsul Bahri, menekankan bahwa kesejahteraan hakim yang terpenuhi merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan peradilan yang adil dan berwibawa. "Hal ini penting untuk menjaga integritas dan kemandirian hakim dalam menjalankan tugasnya, serta mempertahankan 8 nilai utama Mahkamah Agung: Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsibilitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan, dan Perlakuan yang Sama di Hadapan Hukum," ujarnya, Jum'at (06/09/2024)

Dalam pesan moralnya, Syamsul Bahri berharap pemerintahan Prabowo-Gibran dapat segera merespon kebutuhan ini. "Hakim berkualitas adalah hakim yang kesejahteraannya terpenuhi. Ini adalah dasar dari peradilan yang kuat dan dihormati oleh rakyat," ucapnya. Ia berharap kesejahteraan hakim dapat menjadi prioritas untuk mewujudkan visi Indonesia Emas di masa depan. 

Editor: Arianto 


Share:

Hadiri Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Provinsi Riau, Begini Pesan Danrem 031/WB


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Resor Militer 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M.Han menghadiri pengucapan sumpah/janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau masa jabatan 2024-2029 di Gedung DPRD Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman kota pekanbaru, Jumat (06/09/2024).

Pengucapan sumpah/janji ini menandai dimulainya masa jabatan baru bagi para anggota DPRD yang terpilih dalam pemilu legislatif yang lalu.

Sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah, termasuk DPRD, sangat diperlukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menjaga ketertiban serta keamanan dan program pembangunan di Provinsi Riau.

Acara berlangsung dengan khidmat, diikuti pembacaan ayat ayat suci Alquran serta doa bersama para undangan dan pejabat yang hadir. Momen ini juga menjadi simbol harapan bagi masyarakat Riau akan keberhasilan anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya untuk lima tahun ke depan di bumi Lancang Kuning.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Gubernur Riau, Kajati Prov Riau, Danlanud RSN, Wakapolda Riau, Danpomal Lanal Dumai, Ketua Bawaslu Prov Riau dan unsur Forkopimda lainnya. (Arianto)


Share:

Tingkatkan Aksesibilitas Masyarakat Ke Pengadilan, Ketua Ma Resmikan Puluhan Gedung Baru


Duta Nusantara Merdeka | Slawi 
Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan pengadilan, Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syrifuddin, S.H., M.H., meresmikan puluhan gedung pengadilan baru pada Kamis (5/9/2024). Kegiatan dipusatkan di salah satu gedung pengadilan baru yaitu Pengadilan Agama Slawi, Jawa Tengah. 

Pembangunan gedung pengadilan baru ini merupakan salah satu dari berbagai upaya yang dilakukan Mahkamah Agung dalam mendorong percepatan reformasi peradilan serta peningkatan kualitas layanan pengadilan. Puluhan gedung baru tersebut terdiri atas 4 gedung pengadilan tingkat banding dan 21 gedung pengadilan tingkat pertama. 

Acara peresmian ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar, perwakilan PJ Gubernur Jawa Tengah, para pejabat Eselon 1 dan 2 Mahkamah Agung, para hakim tinggi dan hakim tingkat pertama di wilayah Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa penyediaan infrastruktur yang layak merupakan aspek mendasar, agar pengadilan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, dalam menegakkan hukum dan memberi layanan hukum yang prima kepada masyarakat.

Selain itu, pembangunan gedung pengadilan baru ini, merupakan langkah progresif. Seperti sebelumnya, gedung-gedung baru ini telah didesain dengan mempertimbangkan kebutuhan teknologi, ruang kerja yang ergonomis, dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan sidang dan administrasi peradilan.

Lebih lanjut, Ia berpesan kepada Ketua Pengadilan Tingkat banding maupun Tingkat pertama untuk bertanggung jawab dalam merawat dan menjaga gedung ini sesuai dengan visi dan misi Mahkamah Agung. 

“Keberlanjutan operasional gedung ini tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga menjadi cerminan dari profesionalisme dan integritas lembaga peradilan. Kita bersama-sama perlu menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan gedung ini agar tetap menjadi tempat yang representatif dan berprestasi,” tegasnya.

Berikut adalah daftar gedung pengadilan yang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung: 

Gedung Pengadilan Tingkat Banding yaitu:

1.Pengadilan Tinggi Aceh;
2.Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau;
3.Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Riau;dan
4.Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Palembang.

Sedangkan untuk Pengadilan Tingkat Pertama terdiri dari:

1.Pengadilan Negeri Banda Aceh;
2.Pengadilan Negeri Rantau;
3.Pengadilan Negeri Paringin;
4.Pengadilan Negeri Dobo;
5.Pengadilan Negeri Kaimana;
6.Pengadilan Agama Kota Cimahi;
7.Pengadilan Agama Slawi;
8.Pengadilan Agama Ngamprah;
9.Pengadilan Agama Pagar Alam;
10.Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura;
11.Pengadilan Agama Teluk Kuantan;
12.Pengadilan Agama Nanga Bulik;
13.Pengadilan Agama Sukamara;
14.Pengadilan Agama Tahuna;
15.Pengadilan Agama 16.Kwandang;
Pengadilan Agama Toli-Toli;
17.Pengadilan Agama Banggai;
18.Pengadilan Agama Rumbia;
19.Pengadilan Agama Dataran Hunimoa;
20.Pengadilan Agama Dataran Hunipopu; dan 
21.Pengadilan Agama Kaimana.

Adapun, Pembangunan gedung baru adalah wujud komitmen Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan di seluruh Indonesia. (Arianto)





Share:

Jumat Berkah, Korem 031/Wira Bima Gelar Makan Gratis untuk Anak Ponpes


Duta Nusantara Merdeka | Palalawan
Dalam upaya untuk mendukung masyarakat dan menciptakan kebersamaan, Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M. Han., di wakili oleh Kepala Staf Korem 031/WB Kolonel Kav Eko Agus Nugroho mengadakan acara "Jumat Berkah Berbagi Kebahagiaan" Dengan Program Bapak Kasad makan gratis untuk anak- anak Pondok Pesantren Asy Syekh Abdul Wahab Bidayatul Musthafawiyah. Acara berlangsung pada Jumat, 6 September 2024 di Desa Dusun Tua Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Kedatangan Kepala Staf Korem 031/WB dan rombongan disambut Sholawat tola'al badaru oleh para santri dan santriwati Pondok Pesantren Asy Syekh Abdul Wahab dengan penuh hangat. Kemudian melaksanakan sholat Jumat berjamaah bersama para santri. Selesai bersalaman kemudian makan siang bersama Kasrem 031/WB, rombongan dan undangan serta Santri/santriwati. 

Kolonel Kav Eko Agus Nugroho mengatakan Makan gratis ini merupakan Program Bapak KSAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., sebagai pelaksana Korem 031/Wira Bima ditujukan untuk membantu meringankan yang membutuhkan dan mempererat tali persaudaraan di antara sesama umat. 

"Kami percaya bahwa makanan adalah salah satu cara terbaik untuk menyatukan orang-orang. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan kepedulian TNI terhadap sesama dan memberikan sedikit kebahagiaan kepada mereka yang mungkin sedang mengalami kesulitan," ujar Kasrem 031/WB.

"Disamping itu mari bersama-sama menyebarkan kebahagiaan dan berbagi cinta melalui makanan," ucapnya.

Pendiri Pondok Pesantren adalah Sersan Satu Dody Aritonang mengatakan, "Sangat berterimakasih dengan terlaksananya Program makan siang gratis, sehingga kami mendapat asupan gizi yang baik dan lebih semangat dan motivasi belajar, Kepada Bapak KSAD dan Danrem 031/WB semoga amal jariahnya berkah dan murah rejeki". 
 
Para santri/Santriwati sangat menikmati hidangan yang telah dipersiapkan dengan penuh kasih oleh Den Bekang I-44-06A/Pekanbaru.

Turut hadir Kasi Ter 031/WB Letkol INF Wahyu, Kasi Log 031/WB. Letkol Inf Ahmad Hisom Bahaki, Dandim 0313/KPR. Letkol INF. Setiawan Hadi Nugroho. SH., M.I.P.,
Danramil 04/PKL Kapten Arh H. Simbolon, Dan Unit Kodim 0313/KPR Lettu K. Silitonga, Pj Camat Pkl Lesung Abdul Gafur. SH. 
Kapolsek Pkl Lesung di wakili Aiptu T. Hutapea, Manager PT Musimas Bpk Malinton Purba, Sekdes Desa Dusun Tua, Para Babinsa wilayah Koramil 04/Pkl. (Arianto)



Share:

Amankan Pria Bersajam di Jaktim, Kapolri Beri Tiket Sekolah Bhabinkamtibmas Aiptu Agus


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Polri mengapresiasi aksi heroik personel Bhabinkamtibmas Polsek Pulogadung, Jakarta Timur, Aiptu Agus Supriyatna yang mengamankan seorang pria bernama Danovan Sembiring Meliala (43). 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan berupa tiket sekolah Pendidikan Alih Golongan (PAG) terhadap Aiptu Agus berkat aksi heroiknya. 

"Pak Kapolri memberikan penghargaan Pendidikan Alih Golongan tahun ini. Hal itu berkat keberanian dan kinerja dalam melindungi keselamatan masyarakat dari ancaman," kata As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Jakarta, Jumat (6/9).

Apresiasi tersebut lantaran sikap dari Aiptu Agus yang bergerak cepat setelah menerima laporan dari warga atas perilaku meresahkan dari Danovan. Pasalnya, pria itu mengacungkan senjata tajam jenis golok di Jalan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. 

Dengan bergerak cepat, aksi heroik dari Aiptu Agus dapat mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan di lingkungan masyarakat. 

Menurut Dedi, sikap dari Aiptu Agus merupakan wujud dari Polri yang terus berkomitmen melayani dan melindungi masyarakat. Ia berharap, aksi dari Aiptu Agus dapat dijadikan cerminan ataupun contoh oleh personel lainnya. 

"Ini merupakan komitmen dari Polri yang terus melayani, melindungi dan mengayomi seluruh masyarakat," ujar Dedi. 

Ia pun berharap, kepada seluruh masyarakat untuk tidak segan melaporkan kepada pihak berwajib apabila menemukan peristiwa yang meresahkan. 

Karena, kata Dedi, seluruh personel Polri akan bergerak cepat untuk menindaklanjuti segala bentuk laporan dari masyarakat. 

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada warga. Tujuannya agar menjadi Polri yang semakin dicintai oleh masyarakat," ucap Dedi. 

Sebelumnya, aksi tersebut bermula ketika pelaku sedang mengendarai kendaraan Mitsubishi Colt Diesel di sekitar Jalan Kayu Putih, Pulogadung Jakarta Timur. 

Kendaraan pelaku tersebut mogok, selanjutnya pelaku turun dari kendaraan dan melakukan pengancaman terhadap tukang parkir dan pengendara lain dengan menggunakan satu buah senjata tajam jenis golok.

Selanjutnya, Aiptu Agus datang dan meminta pelaku untuk menyimpan senjata tajam miliknya. Namun pelaku mengarahkan senjata tajam jenis badik. 

Bahkan, pelaku melakukan pemukulan terhadap Aiptu Agus. Sehingga, Ia dijatuhkan oleh personel Bhabinkamtibmas tersebut. (Arianto)





Share:

Danrem 031/WB Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung Tahfiz Al Quran Al Kartika


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han. memimpin acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Tahfiz Al Quran Al Kartika di Mesjid Al Muhlisin, Asrama Pancasila, Jl. Sutomo, Pekanbaru, Jumat (6/9/2024). Acara ini menjadi wujud nyata dari komitmen Korem 031/WB dalam membina Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis keimanan dan pendidikan Islam yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Dany Rakca menekankan pentingnya menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain." Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban Korem 031/WB untuk mendampingi dan memfasilitasi pengembangan SDM yang lebih baik di masa depan.

Pembangunan Gedung Tahfiz Al Quran Al Kartika ini dilakukan secara swadaya oleh Keluarga Besar Korem 031/WB, dengan harapan gedung ini dapat menjadi sarana pembinaan bagi anak-anak yatim, yatim piatu, dan mereka yang berekonomi rendah. Selain itu, gedung ini diharapkan dapat memberikan pendidikan, keterampilan, dan kesehatan yang setara bagi semua.

Acara ini dihadiri oleh Pengurus Mesjid Al Muhlisin, BKM, Kabintal Rem 031/WB, dan ditutup dengan pembacaan doa bersama. Brigjen TNI Dany Rakca berharap pembangunan ini berjalan lancar dan mendapat ridho dari Allah SWT. Dengan berdirinya Gedung Tahfiz Al Quran Al Kartika, diharapkan bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya.

Kegiatan ini menunjukkan bagaimana Korem 031/WB berperan aktif dalam syiar agama dan pembinaan generasi muda melalui pembangunan yang bermanfaat.

Editor: Arianto 


Share:

Syamsul Bahri: Pentingnya Integritas dalam Dunia Peradilan


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Kampanye integritas semakin gencar dilakukan di Institut Peradilan Agung, menegaskan pentingnya integritas dalam menjalankan tugas seorang hakim. Ketua Umum Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia (FORSIMEMA-RI), Syamsul Bahri, dalam keterangan pers, Kamis (05/09/2024), menekankan bahwa integritas adalah aspek paling vital dalam menjaga kewibawaan dan kemandirian korps peradilan. 

Ketua Mahkamah Agung (MA), YM Prof. Syarifuddin, berulang kali menyatakan bahwa integritas bukan hanya fondasi reputasi pribadi seorang hakim, tetapi juga kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi peradilan. Ketika hakim menjalankan tugas dengan moralitas tinggi, kepercayaan dari masyarakat dan rekan kerja akan tumbuh, meningkatkan reputasi lembaga peradilan secara keseluruhan.

Profesionalisme menjadi pilar penting dalam menegakkan hukum yang adil dan transparan. Di tengah tuntutan masyarakat akan keadilan, nilai profesionalitas hakim di daerah semakin dibutuhkan. Oleh karena itu, peningkatan profesionalitas harus dilakukan secara berkelanjutan, dengan melibatkan kolaborasi erat di antara seluruh elemen peradilan.

Dalam upaya ini, Ketua MA mengajak seluruh pihak untuk terus berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi berkala, dari pengadilan tingkat pertama hingga Mahkamah Agung. Bill Gates pernah mengatakan bahwa profesionalisme bukan hanya tentang seberapa baik kita bekerja, tetapi sejauh mana kita mampu membawa dampak positif kepada orang lain dan lingkungan.

Kesadaran akan tanggung jawab besar yang melekat pada setiap jabatan di peradilan menjadi kunci keberhasilan. FORSIMEMA-RI berharap seluruh pihak dapat bekerja sama untuk mengoptimalkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara melalui peningkatan integritas dan profesionalitas di setiap tingkatan peradilan.

Editor: Arianto 


Share:

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Kenegaraan Paus Fransiskus Menuju Papua Nugini


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada Jumat (6/9) turut mendukung rangkaian perjalanan apostolik Kepala Negara Vatikan sekaligus Pemimpin Umat Katolik Sedunia, Paus Fransiskus, ke Asia-Pasifik.

Dalam kesempatan ini, Garuda Indonesia menjadi maskapai yang menerbangkan rombongan Paus Fransiskus menuju Papua Nugini, setelah Uskup Roma tersebut menyelesaikan agenda kunjungannya di Indonesia sejak Selasa (3/9) lalu, di mana Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra turut serta mendampingi perjalanan dari Jakarta menuju Ibukota Papua Nugini, Port Moresby.

Pada penerbangan menuju Papua Nugini tersebut, Garuda Indonesia mengoperasikan pesawat wide body jenis A330-900neo dengan nomor penerbangan GA-7780 yang mampu mengangkut hingga 301 penumpang. Pesawat tersebut diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pada pukul 09.45 LT dan tiba di Jackson International Aiport, Port Moresby pada pukul 18.50 LT.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan, “Merupakan sebuah kehormatan tersendiri ketika kami dapat turut andil dalam salah satu momen penting bagi Indonesia, di mana Garuda Indonesia dipercaya penuh untuk mengantarkan perjalanan Paus Fransiskus ke destinasi kunjungan beliau selanjutnya, yaitu Papua Nugini, melalui penerbangan bersama Garuda Indonesia.”

Irfan menambahkan, penerbangan ini sekaligus merefleksikan semangat nasionalisme berkelanjutan Garuda Indonesia untuk senantiasa mendukung berbagai kegiatan Pemerintah Republik Indonesia (RI). 

“Kunjungan Paus Fransiskus ini turut mengusung misi persaudaraan dan toleransi antar-umat beragama di Indonesia, sehingga keterlibatan dalam agenda tersebut memiliki nilai dan arti yang sangat penting bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa yang juga merepresentasikan wujud dari keberagaman di setiap layanan yang kami hadirkan,” ujar Irfan.

Dalam upaya mengoptimalkan kesiapan penerbangan tersebut, Garuda Indonesia berkoordinasi secara intensif bersama seluruh stakeholders. Selain untuk memastikan seluruh langkah serta prosedur yang dilaksanakan telah memenuhi standar yang dipersyaratkan.

Melalui berbagai langkah tersebut, Garuda Indonesia didukung lini anak usaha yang tergabung dalam Garuda Indonesia Group—sebagai unsur penting di balik layanan Garuda Indonesia. Dukungan tersebut mencakup beragam aspek, mulai dari teknis, operasional, hingga pelayanan.

“Kehadiran Garuda Indonesia dalam rangkaian perjalanan Paus Fransiskus kali ini merupakan manifestasi tangan-tangan penuh dedikasi dari seluruh unsur Garuda Indonesia Group, mulai dari Tim Engineering Garuda Indonesia dan GMF AeroAsia yang bertanggung jawab memastikan kelaikan dan keselamatan armada; Aerofood ACS sebagai penyedia inflight meals yang tidak hanya lezat namun juga higienis dan sehat; Gapura Angkasa sebagai organisator proses ground handling yang seamless; Aerojasa
Cargo sebagai penyedia layanan logistik dari dan menuju bandara; hingga awak pesawat yang menjadi garda depan pelayanan selama penerbangan,” urai Irfan.

Sebagai bagian dari pelayanan dalam Penerbangan Khusus Paus Fransiskus kali ini, Garuda Indonesia menugaskan 16 awak pesawat—terdiri dari 4 cockpit crew dan 12 cabin crew. Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga menghadirkan sejumlah sentuhan khusus pada layanan dan touch point yang diberikan, di antaranya pada inflight menu dan inflight materials.
Sebelumnya, Garuda Indonesia telah mengoperasikan sejumlah penerbangan khusus untuk mendukung program dan kegiatan Pemerintah RI. 

Di antaranya, penerbangan kemanusiaan yang mengangkut bantuan bagi korban bencana alam—di dalam dan di luar negeri; penerbangan khusus kunjungan kenegaraan Presiden dan Wakil Presiden RI, hingga pemberangkatan Prajurit TNI (Kontingen Garuda) untuk misi perdamaian dunia. (Arianto)


Share:

Modus Gembos Ban, Uang Rp 100 juta Raib di Tangerang


Duta Nusantara Merdeka | Tangerang 
Video Viral dua perampok babak belur dihajar massa dan di gelandang ke Polsek Pinang usai tertangkap basah setelah menjalankan aksi kejahatannya di Kota Tangerang, Banten.

Kedua kawanan pelaku pencurian dengan pemberatan ini diduga mengambil uang nasabah salah satu bank swasta senilai Rp 100 juta, dengan modus gembos ban mobil korban setelah mengambil uang di salah satu bank di Alam Sutera.

Diketahui, peristiwa itu terjadi Senin, 2 September 2024 pukul 15.00 WIB di Jalan Rasuna Said Jalan Gajah Mada, Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Dalam video amatir yang beredar di media sosial (medsos) tampak sejumlah massa menyeret dua orang pria yang diduga merupakan pelaku perampokan itu.

Kapolsek Pinang, Iptu Diana Aldini Putri mewakili Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan kedua pelaku itu berinisial B (57) dan AM (37), warga bersama petugas patroli polisi mengamankan kedua pelaku setelah korban berteriak ketika melihat pelaku mengambil tasnya didalam mobil pada saat korban sedang mengganti ban mobilnya yang tiba-tiba kempes berikut kendaraan (motor) yang digunakan untuk melancarkan aksinya.

"Benar, peristiwa itu terjadi saat korban setelah mengambil uang di sebuah Bank di Jalan Alam Sutra, lalu korban hendak pulang ke rumahnya. Namun tiba-tiba di pertengahan jalan kendaraan korban  mengalami bocor ban," ungkap Diana didampingi Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Aryono. Jum'at (6/9/2024).

Saat Korban bernama Andri Kurniawan (44) bersama drivernya itu sedang mengganti ban mobil yang bocor itu. Tiba-tiba ada dua orang berboncengan motor melintas dan langsung mengambil tas hitam berisi uang tunai milik korban dari dalam mobil. Sontak korban berteriak dan meminta bantuan warga yang melintas untuk mengejar pelaku yang kabur menggunakan motor ini.

"Setelah dilakukan pengejaran, kedua pelaku berhasil ditangkap warga bersama petugas polisi yang sedang patroli di TKP di Wilayah Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, pelaku sempat menjadi bulan-bulanan massa, namun bisa di cegah Petugas Patroli, sebelum diserahkan ke kantor Polsek Pinang," ujarnya.

Diana menambahkan, berdasarkan keterangan kedua pelaku kepada petugas. Kedua pelaku sebelumnya telah merencanakan aksinya itu secara random. Modusnya dengan cara gembos ban kendaraan korban yang menjadi incaran usai mengambil uang di bank dengan paku payung yang sengaja di taruh dibawah ban kendaraan korban.

"Modusnya gembos ban, menggunakan paku payung yang telah di modifikasi. Salah satu pelaku meletakan paku payung itu menggunakan sandal pelaku ke ban Mobil korban saat kendaraan korban terjebak kemacetan," jelasnya.

Sementara menurut keterangan Pelaku, mereka sudah melakukan aksi serupa sebanyak tiga kali di wilayah yang berbeda-beda. Kendati demikian Polisi masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini.

"Kedua pelaku berikut barang bukti telah kami amankan di kantor Polsek Pinang. Mereka dijerat pasal 363 KUHPidana, ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," pungkas Diana. (Arianto)


Share:

KIRIM BERITA SILAHKAN KLIK

KIRIM BERITA ANDA KESINI! Merasa Terbantu Dengan Publikasi ? Ayo Traktir Kopi Untuk Admin Dengan Cara Berbagai Donasi. Terimakasih :)



BREAKING NEWS

~||~ KPU Tetapkan Pasangan Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka Menjadi Presiden Terpilih ~||~ Kampung Rakyat Indonesia Siap Sukseskan PILKADA Serentak Tahun 2024 ~||~ Hak Angket Kian Redup ~||~ Pasangan Capres & Cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD Resmi Layangkan Gugatan Hasil Pilpres Ke Mahkamah Konstitusi ~||~ #PEMILUDAMAI ~||~

Kilas Balik Bung Karno

Kilas Balik Bung Karno - Makna Proklamasi

Ir. Soekarno (Sang Proklamator) Setiap Tahun kita Memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Maka kita tidak bisa t...

Like Fanpage

Follow In Twitter

Breaking News

IKUTI KAMI


loading...

NONTON VIDEO DAPAT DUIT

10 Berita Populer

IKLAN

IKLAN
Ingin Pasang Iklan hubungi Kami di 0812 6582 534

Label

(SAS) #2019GantiPresiden Accounting Aceh Aceh Timur Adat Istiadat Advokat AFF Agama Agraria AIDS Air Aisyiyah Aksara Aksi Aksi Sosial Aktivis Aktivitis Al Washliyah Album Amien Rais Anak Anak Yatim Anarkis Angkatan Darat Anies Baswedan Animal Anti Korupsi Arisan Artikel Artis Arus Mudik Asahan Asian Games ASN Asuransi Asusila Atlet Award Bacaleg Bachtiar Ahmad Sibarani Baksos Bakti Sosial Balap Liar Banda Aceh Bandar Lampung Bandara Bandung Banjir BANK Bank Sumut Bansos Banten Bantuan Sosial Bapenas BAPER Bappenas Basarnas Batu Akik Batubara Bawang Putih Bawaslu Bayi Bazar BBM Bea Cukai Beasiswa Begal Bekraf Beladiri Belanja Bencana Bencana Alam Beras Berita Bhabinkamtibmas Bhayangkara Bhayangkari Bioskop Bisnis BKPRMI BM PAN BNI BNN BNPT Bobby Nasution Bom Bunuh Diri Boomerang BPBD BPJS BPN BPOM BRI Brimob Buka lapak Bukit Asam Buku Bulog Bulukumba BUMN Bung Karno Bupati Bursa saham Bursasaham Buruh Bus Caleg Capital market CCTV Cerpen Cianjur Cikampek Citilink conference Cosplayer Covid-19 Covid-19 Satgas Covid19 Cuaca Cuci Tangan Curanmor Cyber Daerah Dakwah Dance Debat Presiden Debt Collector Dede Farhan Aulawi Deklarasi Deli Serdang Demonstrasi Densus 88 Desa Dewan Pengawas Dewata Sakti Dharma Pertiwi Dialog Digital Diklat Dinas Perhubungan Dirgahayu HUT RI Disiplin Diskusi Dongeng Donor Darah DPD RI DPR Duka Cita E-Money Effendi Simbolon Ekonom Ekonomi Ekspor Impor Electronics Elektronik Emas Empat Pilar Entertainment Es cream ESDM event Fashion Festival FGD FIFA Film Film Horor Film seri Anak Fintech FISIP Flores Timur Formasi Formula E Forum Furniture Futsal G30S/PKI GAAS Games Ganja Ganjar Ganjil Genap Garut Gaza Gebyar Kemerdekaan Gempa Geng Motor Genppari Gereja Gibran Gizi Buruk Go Pay Go-Jek Gojek Golkar Gotong Royong Grab Gubernur Guru Besar Gym Haedar Nasir ham HANI Harbolnas Hari Ibu Hewan Hiburan HIV HMI Hoax Hotel Hp Hukum Humas Humbahas HUT HUT Bhayangkara HUT RI HUT TNI Hutan Ibadah Ibadah Haji Ibu Negara Idul Adha Idul Fitri IKLAN Imlek IMM Indonesia Industri inflasi Informasi Infrastruktur Inspektorat Inspirasi Internasional Internet Intoleran Investor IPK IPM IPPI Islam ITB IWAPI Jakarta Jakarta Barat Jakarta Pusat Jalan Jambore Nasional Jawa Tengah Jawa Timur Jayapura Jokowi Juara Jum'at Barokah Jumanji Jumat Jumat Berkah Jurnalis Kaliber Kampanye Kampung Rakyat Indonesia Kampus Kamtibmas Kapolda Kapoldasu Kapolri Kapolsek Kapolsek Kepolisian Karaoke Karhutla Karya Tulis Kasus KDRT Keadilan Keagamaan Keamanan Kebakaran Kebangsaan Kebersihan Kebudayaan Kebun Kecantikan Kecelakaan Kedokteran Kegiatan Kegiatan seminar Kehutanan Kejahatan Kejaksaan Kejuaraan Kejurnas Kekerasan Kelestarian Alam Keluarga Kemalingan Kemanusiaan Kemenag Kemenaker Kemendag Kemendagri Kemendesa Kemendikbud Kemenhub Kemeninfo Kemenkes Kemenkeu Kemenko Kemenkumham Kemenlu KEMENPAN-RB Kemenparekraf Kemenperin Kemenpora kemenristek Kemensos Kementan Kemiskinan Kendaraan Dinas Kepala Daerah Kepedulian keperdulian Kepolisian Kerajaan Kereta Api kerja Paksa Kerjasama Kesehatan Kesejahteraan Keselamatan Kesenian Ketahanan Pangan Ketenagakerjaan Keuangan Khilafahtul Muslimin Kilas Balik Bung Karno Kivlan Zen KKP KNPI Kohati kompetisi Kompolnas Komputer Komunitas kon Konferensi KONI Konsumen Koperasi Kopermasu Kopi Kopi Pagi Korupsi Kota Medan KPK KPR KPU Kriminal KRYD KSAD Kudeta Kuliner Kunjungan Kerja Kutai Kartanegara Labuhan Batu Lahan Lakalantas Laksi Lalu Lintas Lampung Langka Langkat Lapas Launching Launching Album Launching Aplikasi Launching Buku LAZISMU Lebaran Legislatif Lembaga LGBT Lifestyle Lingkungan Lingkungan Hidup LIPPI Listrik Lock Down Lomba lomba lari London LPPI LPS LSM Lukas Enembe Madina Mahasiswa Mahkamah Agung Mainan anak Majalengka Makanan Jepang Makassar Makkasar Mall Maluku Market Outlook Masjid Masker Masyarakat Mata Uang Maulid Nabi Mayday MDMC Medan Denai Media Media Sosial Megapolitan Menag Mendag Mendagri Menembak Menteri Menteri Perdagangan millenial Minuman Keras Minuman sehat Minyak Goreng Minyak Makan Miras Mobil MOI Motivasi MoU MPR MPR RI Mudik Muhammadiyah Muharram MUI Munas Musibah Musik Musyawarah Musywil Narkoba Narkotika NasDem Nasional Natal Natal & Tahun Baru New Normal NII NKRI NTT NU ODGJ Office Ojek Online Ojol Olah Raga Olahraga Ombusman Omicron Online Operasi Patuh Operasi Yustisi Opini Organisasi Ormas Otomotif P Padang Padangsidimpuan Pagelaran Pahlawan Pajak Pakta Integritas Palestina Pameran PAN Pancasila Papua Parawisata Pariwisata Partai Demokrat Partai Politik Partai UKM Partai Ummat Pasar Pasar modal Pasar Murah Pasar Tradisional Paspampres Patroli PC PDI Perjuangan PDIP Perjuangan pe Pedagang Pegadaian Pelajar Pelajar Islam Indonesia Pelantikan Pelatihan Pelayanan Publik Pelecehan seks Pelukis Peluncuran Pemadam Kebakaran Pemalakan Pembangunan Pembayaran Elektronik Pembunuhan pemerasan Pemerintah Pemerintahan Pemerkosaan Pemilu Pemuda Pemuda Melati Indonesia Pemuda Muhammadiyah Pemuka Agama pen Penandatanganan Pencabulan Pencemaran Nama Baik Penculikan Pencurian Pendataan Pendidikan Penelitian Penembakan Penerbangan Penertiban Pengabdian Pengadilan Pengadilan Negeri Pengajian Pengamanan Pengamat Penganiayaan Pengawasan Pengetahuan Penggelapan Penghargaan Penghijauan Pengusaha Penipuan Penistaan Agama Penulis Penyakit Penyandang Disabilitas Penyuluhan Perampasan Perayaan Perbankan Percut Sei Tuan Perdagangan Perekonomian Perempuan & Anak Peresmian Pergaulan Perhubungan Perikanan Peristiwa Perjanjian Perjudian Perkawinan Perlombaan Permainan Perpajakan Pers Pertamina Pertanahan Pertanian Perusahaan Pesawat Terbang PET Pileg Pilkada PIlkades Pilpres Pin Pinjam meminjam uang Pinjaman Online PKL PKS PMI Polairud Polantas Polisi Cilik Politik POLRI Polwan Pondok Pesantren Ponpes Pornografi Posko Ummat PPKM PPWI Pra Kerja Prabowo Pramuka Praperadilan Prawita Genppari Premanisme Presiden Prestasi Primbon Politik Prokes promo Property Prostitusi Protokol Kesehatan PSI PSSI Public Expose Publik expose Puisi Pungli PUPR Pusat Perbelanjaan Puskesmas PWI Qurban Radikalisme Rafdinal Ragam Rakernas Rakor Ramadhan Reksadana Rektor Relawan Relawan Jokowi Religi Remisi Rentan Renungan resa Restoran Reuni 212 Revolusi Mental Reward RKUHP Robot Ruang Guru Rumah Rumah sakit Rups Rusia RUU Saber Pungli Sabu Sahabat Anak Sains Salon Samosir Samsat Samsung Sanitasi air.Lingkungan hidup Santri SAR Satlantas Satpol PP Satwa Sejarah Sekolah Sembako Seminar Sengketa Seniman Senjata Senjata Api Sepak Bola Separatis Sepeda Sepeda sehat Serdang Bedagai Sertifikat Sertijab sho Sigli Silaturahim Silaturahim. KUYAI Kartanegara Silaturahmi Silaturrahim SIM Simalungun Simpan Pinjam Simulasi Smartphone Soekarno Solar Somasi Sosial Sosialisasi Startup Stasiun STOP PRES...!!! Studi Ilmiah Stunting Suku bunga Sulawesi Selatan Sumatera Barat Sumatera Utara Sumpah Jabatan Sumut Sungai Superstore Suplemen Surabaya Surat Terbuka Suriyono Adi Susanto Suriyono Adi Susanto {SAS) Survei Survey susu Swab Antigen Syafi'i Ma'arif Syariah Syawal Takjil Tali Kasih Talkshow Tanjung Balai Tantama Tapanuli Tengah Tawuran Teknologi Teror Terorisme Tes Urine Tiket Tilang Tips Tjahyo Kumolo TNI TNI AU TNI-Polri Tokoh Tokoh Agama Tokoh Masyarakat Tol Toys Kingdom ToysKingdom Tragedi Transportasi Trend Rambut True Money Uang Uang Palsu UIN Ujaran Kebencian UKM Ukraina Ulama UMJ umkm UMSU Undang-Undang UNIMED UniPin Universitas Unjuk Rasa Upacara Usaha Rakyat UU Cipta Kerja UU ITE UUD 1945 Vaksinasi Vaksinasi booster Valentine Day Verifikasi Viral Virus Corona Walikota Wanita Wapres Wartawan Webinar Wirausaha Wisata WNA Workshop Yogyakarta Zulkifli Hasan

Arsip Berita

IKLAN

IKLAN

IKUTI BERITA VIDEO KAMI DI YOUTUBE

POS PETIR

VIRUS COVID-19

Wabah Virus Corona (Covid-19) Sudah Menyerang Indonesia, Setiap Hari Korban Semakin Bertambah Sampai ada yang Meninggal, Rakyat Semakin Cemas dan Khawatir, Bagai Tersambar Petir Mendengar Virus Corona.

HALLO KRING..!!!

12 PAS

PANCASILA UDAH FINAL

Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila Banyak Penolakan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat, Memang Seharusnya Tidak Usah Dibahas Dan Lebih Baik Dibatalkan. Pancasila Dasar Negara.
Tendangan 12 PAS Dihentikan

SOS

INDONESIA DARURAT NARKOBA

Sudah dijatuhi hukuman mati bahkan sudah ada yang dieksekusi, tapi masih banyak bandar narkoba semakin merajalela, terbukti banyak yang ditangkap petugas Polisi maupun BNN (Badan Narkotika Nasional) tapi belum kapok juga mereka, justru sipir penjara malah terlibat. Kalau sudah darurat begini, hukuman mati jangan berhenti, jalan terus!.

QUO VADIS

Kunjungan Statistik

Online

IKLAN USAHA ANDA


PRO KONTRA VAKSINASI

~> Program Vaksinasi Yang Diluncurkan Pemerintah Mendapat Sorotan Dari Berbagai Masyarakat, sehingga terjadi pro dan kontra

<~ Memang Sebenarnya Harus Jelas Disampaikan, Maksud dan Tujuan Vaksinasi, Karena dilapangan Ada Perbedaan Orang Yang Akan Divaksin dan Yang Tidak Boleh Divaksin, membuat masyarakat Bingung

Link Terkait

close
Banner iklan disini