Satu - Satunya Tampil Beda, Koran Politik Paling Berani Mengkritik Terpanas dan Perang Terhadap Koruptor, Narkoba, Teroris Musuh Rakyat ~~~~~>>>>> Kami Menerima Artikel, Opini, Berita Kegiatan, Iklan Pariwara dapat mengirimkannya melalui email dutanusantaramerdeka@yahoo.co.id

Danrem 031/WB Terima Audiensi Media Tribun Pekanbaru: Siap Bersinergi dan Perangi Hoaks


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Raka S.A.P., M.Han., bersama Kasiter Kasrem 031/WB Letkol Inf N Wahyu Nugroho menerima Audensi serta Silaturahmi dari media Tribun Pekanbaru, pemimpin redaksi Bapak Syarief Dayan, pemimpin perusahaan Bapak Purnomo, Manajer Iklan Bapak. Hasnil Yusuf, Manajer EO Bapak Riyanto di ruang kerja Danrem 031/WB, Pekanbaru, Jumat (30/08/24).

“Saat ini media, baik media sosial maupun media mainstream menjadi informasi yang pertama kali sampai kepada masyarakat. Sehingga informasi yang tersebar melalui media tersebut harus benar dan benar-benar valid,” kata Danrem.

“Teknologi digital ini tidak ada batasan, maka itu juga harus kita jaga agar tidak berbahaya untuk masyarakat,” lanjut Danrem.

“Kecepatan berita saat ini bisa menjadi pemicu kekeliruan informasi. Ini biasanya karena faktor kecepatan pemberitaan, tapi kalau bisa cepat dan benar itu bagus,” imbuh Danrem.

Tribun Pekanbaru siap memberikan support dan dukungan kepada jajaran Korem 031/WB. (Arianto)
Share:

Ketua MA: Jadi Seorang Hakim Berati Mewakafkan Hidup untuk Keadilan


Duta Nusantara Merdeka | Riau 
Begitu seseorang menerima jabatan hakim, berarti ia telah mempersiapkan diri, sebagai abdi pelayan keadilan, menghamba kepada kebenaran, bahkan dalam situasi-situasi yang paling sulit. 

Seorang hakim harus tabah, sekaligus memiliki keberanian yang besar, untuk senantiasa tegak lurus menjaga integritas dan amanah, yang tidak hanya akan dipertanggungjawabkan di dunia, tapi juga di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Demikian disampaikan Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H dalam pidato Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. Drs. H. Syahril, S.H., M.H. pada hari Jumat, 30 Agustus 2024 di Balai Serindit Aula Gubernuran Provinsi Riau.

“Saya yakin dan percaya, selama memangku jabatan, baik sebagai hakim, maupun sebagai pimpinan Pengadilan Tingkat Banding, begitu banyak ujian dan tantangan, yang telah dilalui oleh Bapak Dr. Drs. H. Syahril, S.H., M.H., sebab jabatan seorang hakim, memang sarat akan cobaan. 

Jalan yang ditempuh seorang hakim tidaklah mudah, harus berpindah dari satu kota ke kota lain, dari satu pulau ke pulau lain, kadang harus berpisah dengan anak istri dan keluarga, demi mengabdi pada masyarakat dan negara. 

Belum lagi ujian yang datang silih berganti, baik itu berupa tekanan, psikis dan psikologis, maupun godaan materi dan sebagainya”, tutur Prof.Syarifuddin.

Lebih lanjut, Ketua MA mengatakan selaku anak jati Melayu, saya yakin bahwa Bapak Dr. Drs. H. Syahril, S.H., M.H., memahami betul, bagaimana Tunjuk Ajar Melayu menanamkan nilai-nilai amanah, baik dalam menjalankan tugas dan kewajiban, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam perspektif budaya Melayu, nilai-nilai keadilan merupakan fondasi utama, dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tegak dan runtuhnya suatu bangsa, bergantung pada tegak atau tidaknya keadilan. Dalam petuah Tunjuk Ajar Melayu, disebutkan:

Bila keadilan sudah mati, Di sanalah tempat binasa negeri

Bila keadilan sudah tercampak, Rakyat sengsara, negeri pun rusak

Bila keadilan sudah tenggelam, Dunia yang terang menjadi kelam.

Menurutnya, inilah yang menjadi tugas berat seorang hakim. 24 jam kehidupannya bergelut dengan aktivitas yudisial, membaca dan mempelajari berkas perkara, bersidang, bermusyawarah dan menimbang, tak cukup dikantor, bahkan di bawa ke rumah, bahkan sebelum tidur dan bangun tidur pun memikirkan perkara, bertarung nalar dengan nurani,mempertimbangkan baik dan buruk, manfaat dan konsekuensi putusannya bagi nasib orang lain. 

Tak jarang seorang hakim harus mengorbankan waktu bersama keluarga, istirahat malamnya kerap terganggu, tidur larut malam atau bangun dini hari, hanya untuk kembali berkutat dengan berkas perkara. 

Diakhir sambutannya, mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial berpesan banyak-banyaklah bersyukur kepada Allah Swt, karena berkat inayah-Nya, Bapak sampai pada gerbang akhir pengabdian dengan selamat sentosa, sehat wal afiat, bahkan purnabakti dalam kedudukan, sebagai ketua pengadilan tingkat banding, jabatan tertinggi yang dapat diraih seorang hakim pada tingkat judex facti.

Turut hadir dalam acara purnabakti tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, para Ketua Pengadilan Agama se-wilayah Provinsi Riau, Ketua Umum Dharmayukti Karini, Ketua Dharmayukti Karini Mahkamah Agung beserta Pengurus Dharmayukti Karini Daerah dan Cabang. (Arianto)
 




Share:

Demo Ojek Online, LaNyalla Tawarkan Rumus 5 Fair Sebagai Prinsip


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Aksi unjuk rasa yang dilakukan Koalisi Ojol Nasional (KON), yang terdiri dari pengemudi ojek online dan kurir barang di Jakarta, Kamis kemarin (29/08/2024), memantik perhatian Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.
 
Dikatakan LaNyalla, unjuk rasa ini sudah menyangkut hajat hidup orang banyak. Karena pekerjaan sebagai pengemudi ojek online dan kurir pengiriman barang ada di semua daerah. Sehingga wajib mendapat perhatian dari DPD RI, yang merupakan wakil daerah di legislatif. 
 
Untuk itu, LaNyalla menawarkan gagasan universal kepada semua stakeholder yang terkait. Baik itu Pemerintah, Aplikator dan Mitra Pengemudi. Yaitu prinsip Lima Fair atau Lima Keadilan. Yakni, Fair Pay, Fair Conditions, Fair Contracts, Fair Management dan Fair Representation.
 
“Lima Keadilan itulah yang harus menjadi prinsip dalam penyusunan aturan apapun yang dituangkan dalam perjanjian. Baik aturan yang dibuat pemerintah selaku regulator, maupun aturan yang dibuat oleh platform atau aplikator. Karena inti dari semua persoalan kan soal ketidakadilan yang dirasakan mitra pengemudi. Maka jawabannya harus berpijak kepada keadilan,” ungkap LaNyalla, Jumat (30/8/2024).
 
Dijabarkan LaNyalla, norma dari 5 Fair itu pertama; Fair Pay atau pembayaran yang adil adalah pekerja, terlepas dari klasifikasi pekerjaan mereka, harus mendapatkan penghasilan yang layak untuk hidup. Selain harus dibayar tepat waktu, dan untuk semua pekerjaan yang telah diselesaikan.
 
Kedua; Fair Conditions atau Kondisi yang Adil adalah pekerja harus dilindungi dari risiko yang timbul dari proses kerja. Platform harus mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi dan mempromosikan kesehatan dan keselamatan pekerja.
 
Ketiga; Fair Contracts atau Kontrak yang Adil adalah syarat dan ketentuan harus transparan, ringkas, dan selalu dapat diakses oleh pekerja. Kontrak harus konsisten dengan ketentuan keterlibatan pekerja di platform.
 
Keempat; Fair Management atau Manajemen yang Adil adalah harus ada proses yang terdokumentasi untuk keputusan yang mempengaruhi pekerja. Proses manajemen harus transparan dan menghasilkan output yang adil bagi para pekerja.
 
Kelima; Fair Representation atau Representasi yang Adil adalah platform harus menyediakan proses yang terdokumentasi, dimana suara pekerja dapat diekspresikan. Pekerja memiliki hak untuk berorganisasi dalam badan-badan kolektif, dan platform harus siap untuk bekerja sama dan bernegosiasi dengan mereka.
 
“Dengan lima prinsip keadilan itu, saya yakin mitra pengemudi dan kurir yang bekerja pada platform aplikasi akan merasakan semangat win-win solutions. Karena salah satu tuntutan dari Koalisi Ojol Nasional adalah karena adanya unsur ketidakadilan terhadap mitra pengemudi ojek online dan kurir online di Indonesia,” tandas mantan Ketua KADIN Jawa Timur itu. 
 
Ditambahkan LaNyalla, Indonesia bisa belajar dari beberapa negara yang telah melahirkan regulasi terkait hubungan kemitraan dalam pekerjaan. Seperti telah diterapkan di Spanyol, Belanda dan Negara Bagian California di Amerika Serikat.
 
Di Spanyol, lanjut mantan Ketua PSSI itu, sejak 2021 sudah ada aturan yang mengakui pengemudi ojol sebagai karyawan. Dengan konsekuensi ada upah minimum, cuti, dan tunjangan lainnya.
 
“Sedangkan di Belanda, tahun 2022 ada UU khusus sektoral yang memberi beberapa hak dan perlindungan minimum bagi pekerja platform, termasuk transparansi dalam algoritma dan hak untuk berunding bersama,” urainya.
 
Sementara di California, sudah sejak 2019 pemerintah negara bagian mengesahkan UU yang mengklasifikasikan pekerja transportasi dan pengantaran berbasis aplikasi sebagai kontraktor independen dengan beberapa tunjangan. Termasuk gaji minimum berdasarkan waktu kerja.
 
“Dan harus diingat, pengemudi ojol ini pada prinsipnya juga menanamkan modal. Yang paling besar adalah kendaraan mereka. Dimana kendaraan itu menjadi bagian inti dari alat produksi perusahaan aplikator. Sehingga mereka sejatinya juga bagian dari penanam saham,” tandasnya. 
 
Seperti diberitakan, Koalisi Ojol Nasional menuntut revisi atau penambahan pasal dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 01 Tahun 2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial. 
 
Enam tuntutan mereka adalah, pertama; revisi dan penambahan pasal Permenkominfo 01/2012 untuk mitra ojek online dan kurir online di Indonesia.
 
Kedua; Kominfo wajib mengevaluasi dan memonitoring segala bentuk kegiatan bisnis dan program aplikator yang dianggap mengandung unsur ketidakadilan terhadap mitra pengemudi ojek online dan kurir online di Indonesia.
 
Ketiga; Hapus program layanan tarif hemat untuk pengantaran barang dan makanan pada semua aplikator yang dinilai tidak manusiawi, dan memberi rasa ketidakadilan terhadap mitra pengemudi ojek online dan kurir online.
 
Keempat; Penyeragaman tarif layanan pengantaran barang dan makanan di semua aplikator. Kelima; Tolak promosi aplikator yang dibebankan kepada pendapatan mitra driver.
 
Keenam; Legalkan ojek online di Indonesia dengan membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) beberapa kementerian terkait yang membawahi ojek online sebagai angkutan sewa khusus. (Arianto)




Share:

JAWA Cetak Penjualan Rp971,54 Miliar di Tahun 2023


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
PT Jaya Agra Wattie Tbk ("JAWA" atau "Perseroan") mencatat penurunan penjualan neto sebesar 7,76% hingga 31 Desember 2023, dari Rp971,54 miliar pada 2022 menjadi Rp896,15 miliar. Penurunan ini disampaikan oleh Ryan Nurfitriandy, Direktur Operasional JAWA, dalam Public Expose di Jakarta, Jum'at (30/08/2024). Menurutnya, penurunan penjualan tersebut berdampak langsung pada kinerja keuangan perseroan.

"Meskipun beban pokok penjualan turun 3,40% menjadi Rp912,11 miliar, Perseroan tetap menderita rugi kotor sebesar Rp15,96 miliar, yang merosot 158,47% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatatkan laba kotor sebesar Rp27,29 miliar. Beban usaha juga sedikit turun menjadi Rp57,29 miliar dari Rp57,33 miliar, tetapi kerugian usaha melonjak 143,89% menjadi Rp73,25 miliar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ryan mengatakan, rugi sebelum pajak meningkat 7,32% menjadi Rp301,15 miliar, dan rugi yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk naik 0,76% menjadi Rp302,47 miliar. Meski demikian, total liabilitas Perseroan turun 22,95% menjadi Rp2,67 triliun, sementara total aset meningkat 1,85% menjadi Rp3,65 triliun.

Ryan mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi JAWA, termasuk fluktuasi harga komoditas, peningkatan biaya produksi, besarnya beban bunga, dan dampak cuaca El Nino. "Untuk mengatasi tantangan ini, perseroan berupaya meningkatkan jumlah tanaman menghasilkan, mengoptimalkan produktivitas, dan meningkatkan penjualan CPO serta karet," ungkapnya.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 

Share:

SNDC 2024: Masyarakat Sipil Dorong Pemerintah Indonesia Prioritaskan Keadilan Iklim


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Indonesia tengah menghadapi kegentingan iklim dan demokrasi. Menjelang tenggat penyerahan dokumen komitmen kontribusi nasional kedua atau *Second Nationally Determined Contribution* (SNDC) pada September 2024, koalisi masyarakat sipil mendorong pemerintah untuk lebih demokratis dan partisipatif dalam penyusunan dokumen ini. Dokumen SNDC diharapkan menjadi momentum koreksi komitmen iklim yang lebih adil, terutama bagi kelompok rentan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai perwakilan pemerintah Indonesia dalam proses Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk perubahan iklim (*United Nations Framework Convention on Climate Change*), saat ini sedang mempersiapkan dokumen tersebut. 

"Pemerintah harus mengakui hak dan kebutuhan spesifik kelompok rentan seperti petani kecil, nelayan tradisional, dan masyarakat adat. Hanya dengan demikian, keadilan iklim atau transisi yang adil bisa terwujud," ujar Torry Kuswardono, Direktur Eksekutif Yayasan Pikul, dalam peluncuran dokumen Rekomendasi untuk SNDC Berkeadilan yang didukung oleh 64 lembaga masyarakat sipil Indonesia di Jakarta, Kamis (29/08/2024).

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana menunjukkan lonjakan 81% dalam bencana iklim, dari 1.945 insiden pada 2010 menjadi 3.544 pada 2022, yang berdampak pada lebih dari 20 juta orang. Sementara itu, laporan IPCC (2023) menyebutkan bahwa 79% emisi gas rumah kaca global pada 2019 berasal dari sektor energi, industri, transportasi, dan bangunan, sementara 22% berasal dari pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan lainnya.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai kebijakan terkait perubahan iklim, termasuk komitmen emisi nol (Net Zero Emissions) pada 2060, Pembangunan Rendah Karbon Berketahanan Iklim, Transisi Energi Nasional, Indonesia FOLU Net Sink 2030, dan Nilai Ekonomi Karbon. Namun, ambisi ini belum cukup selaras dengan target global menurunkan emisi hingga 1.5 derajat Celsius. Bahkan, target emisi nol pada 2060 lebih lambat dari komitmen internasional yang sepakat mencapai emisi nol pada 2050.

Kelompok rentan seperti petani kecil, nelayan tradisional, masyarakat adat, buruh, pekerja informal, kaum perempuan, penyandang disabilitas, anak-anak, orang muda, lansia, dan korban kekerasan berbasis gender adalah yang paling terdampak oleh perubahan iklim. Ironisnya, mereka bukanlah kontributor utama emisi gas rumah kaca.

"Selama sepuluh tahun terakhir, aksi perubahan iklim di Indonesia justru membuat yang rentan semakin rentan. Alih-alih menurunkan target emisi gas rumah kaca, strategi pembangunan malah memperburuk perusakan lingkungan dan perampasan ruang hidup masyarakat rentan," kata Ihsan Maulana, Advokasi dan Peneliti Kebijakan WGII.

Dalam menghadapi krisis demokrasi dan iklim, koalisi masyarakat sipil mendesak pemerintah untuk menjaga prinsip-prinsip demokrasi, melindungi hak asasi manusia, memberikan pengakuan dan perlindungan kepada kelompok rentan, serta memastikan partisipasi publik yang bermakna dalam seluruh proses aksi iklim di Indonesia. 

Selain itu, aksi iklim harus memberikan manfaat lebih besar bagi kelompok rentan dan mengurangi emisi secara adil. Pemerintah juga diharapkan untuk mengadopsi pendekatan mitigasi dan adaptasi yang terintegrasi, demi menjamin hak atas ruang hidup yang aman dan berkelanjutan bagi semua.

Upaya untuk menciptakan keadilan iklim harus menjadi prioritas nasional, bukan hanya sebagai respons terhadap tekanan internasional, tetapi sebagai tanggung jawab moral terhadap rakyat Indonesia, terutama mereka yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 


Share:

Danrem 031/WB Sambut Kedatangan Ketua Mahkamah Agung di Pekanbaru


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Komando Resor Militer 031/Wira Bima, Brigadir Jenderal TNI Dany Rakca S.A.P., M.Han menyambut kedatangan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Yang Mulia Bapak Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H, di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Kamis (29/08/24).

Dalam kunjungan kerja ini, Ketua Mahkamah Agung menghadiri beberapa agenda penting, termasuk pertemuan dengan para pejabat tinggi di wilayah Riau dan memberikan arahan strategis kepada jajaran peradilan setempat. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Mahkamah Agung dalam memperkuat sinergi antar lembaga dan memastikan penegakan hukum yang adil dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Sinergi antara TNI dan lembaga peradilan merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan ketertiban di masyarakat dalam mendukung upaya penegakan hukum dan keadilan di wilayah Riau dan dapat memperkuat kerja sama yang sudah terjalin antara TNI dan lembaga peradilan khususnya di wilayah Provinsi Riau.

Kunjungan Ketua Mahkamah Agung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja peradilan di Wilayah Riau serta semakin mempererat hubungan kerja sama antara TNI dan lembaga peradilan dalam mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Provinsi Riau, Kajati Provinsi Riau , Kapolda Riau, Danlanud RSN, Palaksa Lanal Dumai serta para pejabat dan forkopimda Provinsi Riau lainnya. 

Editor: Arianto 


Share:

Kunjungan Ketua Mahkamah Agung RI ke Banjarmasin: Integritas Peradilan dalam Sorotan sorotan


Duta Nusantara Merdeka | Banjarmasin 
Ketua Mahkamah Agung R.I, Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H., dalam kunjungan kerjanya ke Banjarmasin pada Rabu (28/08/2024), menegaskan pentingnya menjaga integritas dan marwah institusi peradilan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi. Beliau menyampaikan bahwa perjalanan menuju badan peradilan yang agung bukanlah perjalanan mudah, namun semangat untuk mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung harus tetap terjaga.

Prof. Syarifuddin mengingatkan bahwa meskipun tindakan tercela dilakukan oleh segelintir oknum aparatur peradilan, dampaknya bisa sangat merusak citra lembaga peradilan di mata publik. "Kalau satu orang sudah berbuat buruk, bukan hanya ia yang terkena imbasnya, namun juga lembaga," tegasnya, sembari menghimbau agar seluruh insan peradilan menjaga integritas dan meningkatkan kemampuan serta inovasi.

Di sisi lain, dalam upaya mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan, Komisi Yudisial (KY) dan Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia (FORSIMEMA-RI) sepakat bahwa pengawasan dan pengawalan media sangat diperlukan. Wakil Ketua KY, Sitti Nurjanah, dalam press release tertanggal 23 Agustus 2024, menyatakan bahwa dari Januari hingga Juli 2024, KY telah menerima 573 laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran kode etik hakim.

Disisi lain, FORSIMEMA-RI, yang dipimpin oleh Syamsul Bahri, juga telah berkolaborasi dengan Mahkamah Agung untuk mengedukasi masyarakat tentang putusan hakim sejak Agustus 2022. Program ini bertujuan untuk mendukung terciptanya peradilan yang bersih dan independen, dengan harapan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap sistem peradilan Indonesia.
 
Editor: Arianto 


Share:

Kemendes PDTT Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pegawai


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta  
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh jajaran di Lingkungan Kemendes PDTT yang dimulai Sejak tanggal 26 hingga 30 Agustus di ruang Oproom Kemendes PDTT, Jakarta.

Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai baik PNS, PPNPN, Pramubakti, Satpam, Teknisi, Pengemudi dan resepsionis. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 - 15.00 WIB.

"Pemeriksaan kesehatan penting bagi seluruh pegawai karena setiap tanggung jawab yang diemban memiliki beban resikonya masing-masing," kata Sekjen Taufik saat meninjau pelaksanaan kegiatan pada Kamis (29/8).

Terkait kepentingan tugas dan fungsi pelayanan pada para pegawai, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini salah satunya untuk mewujudkan kondisi fisik para pegawai yang selalu sehat dan fit selama bekerja yang pada akhirnya menjadi penunjang dalam mewujudkan pelayanan yang prima.

"Kesehatan yang prima menjadi salah satu modal utama dalam menunjang profesionalitas para pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," katanya.

Dalam pelaksaan pemeriksaan kesehatan, sebelum mengikuti pemeriksaan, para pegawai mendaftarkan diri terlebih dahulu. Selanjutnya, peserta melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah sewaktu, kadar kolesterol dan asam urat.

Setelah itu, untuk hasil pemeriksaan kesehatan dapat langsung diperoleh oleh setiap pegawai yang kemudian dikonsultasikan dengan dokter jika terdapat keluhan.

Dokter penanggung jawab kegiatan dari Klinik Pratama Kemendes PDTT Drg Syarie Indrani mengatakan bahwa Kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi Pegawai dilingkungan Kemendes PDTT ini merupakan upaya deteksi dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. 

Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara dini adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. 

"Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin," kata Drg Syarie.

Selain itu juga, kegiatan ini dalam rangka melakukan screening kondisi kesehatan pegawai agar dapat menjaga kesehatan dengan mengelola pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan agar tetap bugar di usia senja. Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga merupakan upaya pencegahan terhadap penyakit degeneratif yang resikonya semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Lebih lanjut, Drg Syarie menganjurkan untuk selalu menjaga kesehatan karena kesehatan itu salah satu faktor yang wajib dan paling penting dalam menyelesaikan segala pekerjaan maka kesehatan itu wajib untuk dijaga.

"Selain itu juga menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga. Dan baiknya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama pegawai yang mempunyai keluhan penyakit," kata Drg Syarie.

Drg Syarie berharap, kegiatan ini rutin diagendakan agar para pegawai dapat mengatasi masalah kesehatannya lebih cepat dan sebagai langkah pencegahan. (Arianto)




Share:

Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Korem 031/Wira Bima Gelar Simulasi Penindakan Aksi Anarkis


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru
Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gangguan keamanan selama Pilkada Serentak 2024, Korem 031/Wira Bima mengadakan simulasi penindakan aksi anarkis di Lapangan Makorem, Jalan Ali Rasyid No.1, Pekanbaru, Kamis (29/8/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M. Han.

Simulasi ini melibatkan 1000 prajurit TNI dan Polri yang berkolaborasi dalam berbagai skenario penanganan situasi darurat, mulai dari pengendalian massa hingga pengamanan tahapan Pilkada. Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Polda Riau, Kesbangpol, KPU, Bawaslu, serta jajaran Forkopimda Kota Pekanbaru.

Brigjen TNI Dany Rakca menyatakan bahwa simulasi ini merupakan latihan berkelanjutan yang dirancang untuk menghadapi potensi aksi anarkis yang mungkin terjadi selama proses Pilkada. "Kami siap menurunkan bantuan berupa kendaraan taktis dan panser dari Batalyon Jajaran Korem 031/Wira Bima, kepolisian, dan instansi terkait," ujarnya.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh elemen yang terlibat lebih siap dalam mengamankan Pilkada, dan masyarakat dapat merasa lebih tenang dan aman dalam menjalankan hak pilihnya di Kota Pekanbaru serta Provinsi Riau. 

Editor: Arianto 


Share:

Partai Buruh Tegaskan Komitmen dalam Pemilihan Gubernur Jakarta dan Kepala Daerah Se-Indonesia


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh mengadakan Konferensi Pers terkait isu strategis mengenai pencalonan Gubernur Jakarta dan dukungan untuk calon kepala daerah di seluruh Indonesia di Jakarta Pusat, Jum'at (29/08/2024). Acara ini dihadiri oleh pimpinan Partai Buruh, media, dan sejumlah tokoh penting, serta menjadi pusat perhatian publik.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Partai Buruh, Ferri Nuzarli, menegaskan bahwa Partai Buruh memiliki komitmen kuat untuk mendukung kandidat yang memiliki visi pro-rakyat, terutama dalam memperjuangkan hak-hak buruh. Ia menyatakan bahwa Partai Buruh akan mendukung penuh calon yang memiliki integritas dan berkomitmen pada kepentingan rakyat kecil.

Lebih lanjut, Ferri Nuzarli juga menekankan pentingnya Partai Buruh dalam proses demokrasi, meskipun sebagai partai kecil, mereka tetap memiliki suara penting. Ia mengungkapkan bahwa Partai Buruh telah mengisi hampir seluruh provinsi dengan kandidat yang diusung, baik untuk posisi gubernur, bupati, maupun walikota. Dukungan ini menjadi bukti nyata Partai Buruh dalam memperjuangkan nasib buruh, petani, nelayan, guru, dan masyarakat luas.

Terkait pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Ferri Nuzarli mengungkapkan bahwa Partai Buruh tetap mengawal dan mendukung Anies Baswedan sebagai calon, meskipun menghadapi tantangan dalam memperoleh dukungan dari partai lain. Ia menegaskan bahwa jika upaya tersebut tidak berhasil, Partai Buruh akan berdiri sebagai oposisi di DKI, mengawal pemerintahan hingga tahun 2029.

"Dan yang pasti, Partai Buruh berkomitmen untuk terus mengawal demokrasi dan pemerintahan, memastikan bahwa demokrasi di Indonesia tetap berjalan dengan baik, dan mengingatkan pemerintah untuk tetap membuka pintu bagi partisipasi rakyat. Partai Buruh juga siap berjuang dalam pemilihan berikutnya pada tahun 2029 demi memperjuangkan demokrasi yang lebih baik," pungkasnya.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 





Share:

Kasrem 031/WB Hadiri Penandatangan Kesepakatan Bersama Perguruan Tinggi dan Yayasan dengan Pemprov Riau


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Kepala Staf Komando Resort Militer 031/Wira Bima, Kolonel Kav Eko Agus Nugroho menghadiri kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama antara perguruan tinggi, yayasan, dan Pemerintah Provinsi Riau. Acara ini berlangsung di Gedung Balai Pauh Janggi Jln Diponegoro kota Pekanbaru, Rabu (28/08/24). 

Acara ini merupakan langkah sinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Riau.

Pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan, yayasan, dan pemerintah dalam menciptakan generasi muda yang berdaya saing tinggi, karena pendidikan adalah kunci utama dalam pembangunan bangsa. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Provinsi Riau. 

Penandatanganan kesepakatan ini melibatkan beberapa perguruan tinggi ternama di Riau dan sejumlah yayasan pendidikan. Adapun fokus kerja sama ini mencakup pengembangan kurikulum, penelitian bersama, program beasiswa, dan pemberdayaan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Gubernur Riau, Kasiter Korem 031/WB, Palaksa Lanal Dumai, Kasubdimas Polda Riau, serta pimpinan perguruan tinggi dan perwakilan yayasan. Dalam penandatanganan tersebut, semua pihak berkomitmen untuk menjalankan program-program yang telah disepakati dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat dan semangat nasionalisme yang tinggi. (Arianto)


Share:

Mitos atau Fakta, Minuman Energi Solusi Kebutuhan Tenaga untuk Produktif


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta, 27 Agustus 2024 – Gaya hidup aktif dan produktif saat ini bukan sekadar rutinitas, melainkan telah menjadi tren di masyarakat. Akses mudah untuk berbagai aktivitas memungkinkan semua orang memaksimalkan kualitas hidup, sehingga mereka bisa beraktivitas optimal dan prestasi pun dapat diraih. Di tengah kesibukan, tak jarang kita membutuhkan pasokan energi tambahan, agar bisa mencapai target dan bahkan berprestasi. Dalam kondisi ini, minuman energi seringkali menjadi pilihan bagi yang ingin meningkatkan energi dan fokus

Filipus Adimas, seorang pembawa acara TV dan content creator gaya hidup sehat menuturkan bahwa minuman energi telah menjadi sumber energi andalan selama bertahun-tahun saat sedang sibuk. “Aktivitas saya banyak menghabiskan waktu dan energi. Ketika menghadapi hari yang padat, serta butuh energi dan konsentrasi yang tinggi, saya butuh dorongan tenaga dari minuman energi. Minuman energi memberikan dorongan tenaga yang saya butuhkan untuk kegiatan dari profesional hingga personal, dapat meningkatkan stamina dan fokus dengan cepat," tutur Filipus Adimas.

Minuman energi memang telah lama menjadi pilihan utama bagi kaum muda urban yang menjalani gaya hidup aktif. Meskipun efek positifnya bisa terasa, tak jarang muncul berbagai kesalahpahaman mengenai dampak minuman energi terhadap kesehatan, memicu hoax dan kontroversi di tengah masyarakat. Mengapa hal ini bisa terjadi? 

Hal ini terkait dengan salah satu isu kesehatan yang saat ini sedang naik yaitu tentang diabetes, hipertensi, dan sebagainya. Pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2023 tercatat prevalensi diabetes di Indonesia mencapai 11,7%. Sementara hipertensi, prevalensinya mencapai 30,8% pada 2023. Faktanya, ternyata diabetes dan hipertensi merupakan penyakit yang sangat mempengaruhi kesehatan ginjal dapat dipicu oleh salah satunya konsumsi gula yang tinggi. 

Minuman energi sendiri bukan pihak yang bisa disalahkan dalam hal ini, karena di pasaran sebenarnya tersedia pilihan minuman energi bebas gula dan memanfaatkan aspartam sebagai pemanis. Sejumlah penelitian ilmiah terbaru di dunia telah mengonfirmasi bahwa aspartam aman dikonsumsi dalam batas normal. Begitu luasnya rumor mengenai ini di Indonesia, hingga dua institusi pun telah melakukan klarifikasi. BPOM telah memberikan penjelasan publik mengenai penggunaan aspartam pada pangan olahan masih dikategorikan aman. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah secara resmi membantah hoax ini, seperti yang dijelaskan dalam laporan resmi mereka. 

Hal ini diafirmasi juga oleh Dokter Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K, seorang Certified Nutritionist dan Health Coach. "Aspartam dan pemanis buatan lainnya yang digunakan dalam minuman energi tanpa gula telah diuji ketat oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (BPOM), dan dinyatakan aman tanpa risiko kesehatan seperti obesitas atau diabetes. Rumor yang menyebutkan bahwa aspartam dapat memicu kanker juga tidak tepat, karena studi yang meneliti mengenai hal ini menggunakan dosis yang ratusan kali lebih banyak dari konsumsi wajar, dan dilakukan pada hewan," jelas dr. Dion Haryadi.

Dokter Dion, yang juga aktif memberikan edukasi gizi melalui media sosial, menambahkan bahwa minuman energi tanpa gula cukup efektif untuk memberikan energi saat dibutuhkan karena kandungan kafeinnya. "Faktanya kafein dalam minuman energi umumnya juga berada dalam batas aman, hanya 50 mg per sajian, yaitu tidak lebih dari kandungan kafein dalam satu cangkir kopi, sehingga aman jika dikonsumsi sesuai anjuran harian, namun jika memiliki riwayat penyakit seperti jantung, perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter," tambah dr. Dion.

Energi yang tidak dikelola dengan baik dapat menghambat produktivitas dan menghalangi pencapaian gaya hidup berkualitas. Banyak aktivitas memerlukan stamina dan fokus tinggi, yang umumnya dipenuhi melalui pola makan bergizi. Namun, untuk kebutuhan stamina ekstra, minuman energi sering kali dipilih sebagai suplemen tambahan. Penelitian dari Nutrients menjelaskan bahwa minuman energi dapat meningkatkan performa dan ketahanan tubuh pada saat beraktivitas fisik.

Minuman energi membantu meningkatkan stamina melalui bahan-bahan stimulan yang merangsang kinerja otak dan sistem saraf, seperti taurin yang mengatur denyut jantung dan kontraksi otot, kafein yang meningkatkan konsentrasi, serta vitamin B yang mengubah makanan menjadi energi. Jadi sebaiknya pastikan bahwa minuman energi yang dikonsumsi memiliki kandungan vitamin B yang cukup dan lengkap. Kandungan khusus yang perlu dipastikan ada adalah vitamin B12 yang terdapat dalam minuman energi juga telah dipelajari memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal. Beberapa produk juga mengandung ginseng, yang diketahui dapat meningkatkan energi dan mengurangi stres. 

Namun jika begitu banyak benefitnya, mengapa minuman energi masih kerap diterpa hoax dan kontroversi yang keliru?

“Terkadang yang keliru sebenarnya gaya hidupnya. Tak jarang orang menjadikan minuman energi sebagai solusi instan dengan cara yang berlebihan. Padahal sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Ketika mau bekerja atau beraktivitas panjang, mereka mengonsumsi minuman energi, tetapi melupakan nutrisi dan hidrasi yang esensial, tentunya ini merupakan formula untuk merusak tubuh. Ketika mengonsumsi minuman energi, pastikan tetap konsumsi nutrisi dan hidrasi yang cukup, terutama sebelum aktivitas berat atau saat membutuhkan konsentrasi tinggi. 

Baca label untuk memahami komposisi dan kandungan nutrisi, serta konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi kesehatan khusus. Minuman energi dapat menjadi asupan tambahan yang bermanfaat, asalkan dikonsumsi dengan bijak dan diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, serta makanan bergizi," tutup dr. Dion. (Arianto)

 




Share:

Mahkamah Agung RI Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan National High Court Of Brazil


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr Muhammad Syarifuddin, SH. MH pada Rabu 21 Agustus 2024 jam 13.00 waktu Brazil menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama Yudisial dengan National High Court of Brazil (Superior Tribunal de Justiça-STJ) di Brasilia. 

Nota Kesepahaman ditanda tangani oleh Ketua MARI yang mewakili Mahkamah Agung RI dengan President Maria Thereza De Assis Moura, Presiden National High Court of Brazil (STJ) dan Antonio Herman Benjamin Presiden Terpilih National High Court of Brazil (STJ) yang mewakili STJ.

Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari dialog antara pimpinan Mahkamah Agung RI dengan Justice Antonio Herman Benjamin pada bulan Juli 2024 lalu. Dimana Justice Benjamin dalam audiensinya secara resmi mengundang Ketua Mahkamah Agung RI dan delegasi untuk hadir di Brasilia untuk menghadiri pelantikan Justice Antonio Herman Benjamin sebagai Presiden (Chief Justice) STJ, sekaligus mengusulkan agar kedua pengadilan menjajaki kerjasama yang lebih erat dalam berbagai area hukum.

Materi Muatan Kerjasama Yudisial

Sebagaimana Nota Kesepahaman Yudisial dengan peradilan di negara lain, maka nota kesepahaman dibuat dengan lingkup yang saling menghormati kedaulatan masing-masing negara dan mendukung penegakan supremasi hukum. Secara umum materi muatan Nota Kesepahaman memuat agenda sebagai berikut :

1. Kerja sama melalui pertukaran informasi dan data teknis, termasuk bahan pustaka, studi, dan sumber lain yang menjadi kepentingan bersama.

2. Peningkatan konsultasi rutin tentang hal-hal yang menjadi kepentingan bersama, untuk mengkoordinasi tindakan masing-masing dan mencapai tujuan kerja sama, dengan perhatian khusus pada bidang-bidang seperti akses terhadap keadilan, organisasi peradilan dan praktik yang baik, hukum acara, hukum perdata, hukum pidana, dan hukum lingkungan.

3. Mendorong komunikasi langsung di antara kedua pengadilan untuk memperkuat dan mempercepat kerja sama, tanpa mengurangi jalur hukum yang ditetapkan dalam norma-norma internasional yang dianut dan dalam norma-norma hukum domestik.

4. Bersama-sama menyelenggarakan konferensi, seminar, dan pertemuan teknis dan akademis lainnya, secara luring atau melalui modalitas virtual dan hibrida, dengan fokus pada topik-topik yang menjadi kepentingan bersama guna mendorong diskusi dan pertukaran pengalaman.

5. Mendorong program pertukaran bagi para hakim dan staf mereka, dengan menawarkan program pelatihan profesional untuk memberikan pengetahuan terperinci tentang struktur, prosedur, dan kompetensi mereka.

6. Mendorong kerja sama di bidang-bidang sengketa yang menjadi kompetensi mereka, dengan berupaya untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan untuk mempelajari yurisprudensi mereka secara komparatif.

7. Mendorong pertukaran informasi tentang teknologi-teknologi baru dan kecerdasan buatan.

Dialog Dengan Badan Peradilan Brazil

Dalam kesempatan itu, delegasi MARI juga berkesempatan untuk melakukan dialog dengan 3 (tiga) dari 5 badan peradilan tinggi Brazil, yang meliputi National High Court (STJ), Mahkamah Agung Militer Brazil (Superior Military Court (STM)) dan Mahkamah Agung Tenaga Kerja Brazil (Tribunal Superior do Trabalho, TST (Supreme Labour Court)).

STJ Brazil untuk topik-topik sebagai berikut, organisasi Peradilan Brazil, yang meliputi Yurisdiksi, Struktur dan Administrasi STJ, Inovasi Teknologi, dan Kecerdasan Artifisial.

Dalam aspek organisasi STJ Brazil sebagai pengadilan tertinggi di Brazil, maka diskusi meliputi berbagai aspek terkait struktur organisasi, beban kerja, dan sistem pendukung. Saat ini STJ brazil menerima tidak kurang 400 ribu perkara, dengan jumlah hakim hanya 33 orang. Sebagian besar perkara tersebut diputus tepat waktu, karena STJ Brazil adalah pengadilan Judex Juris, sehingga banyak perkara yang tidak memenuhi aspek tersebut akan ditolak. 

Selain itu, dibicarakan sistem preseden yang dianut oleh STJ Brazil, dimana meskipun Brazil adalah negara dengan sistem civil law, namun keberadaan preseden diakui dan mengikat dalam sistem peradilan Brazil. Hal ini yang disebut sangat membantu dalam menyelesaikan perkara dengan jumlah yang terbatas.

Pada STM delegasi diterima oleh Justice Jose Coelho Ferreira Wakil Presiden STM yang menunjukkan berbagai fasilitas STM, dan juga memperkenalkan sejarah STM sebagai salah satu peradilan penting di Brazil, sejak jaman kolonial Brazil sekaligus berbagai tradisi penting yang berlaku di STM.

Sebagai peradilan militer tertinggi, STM memiliki 15 orang hakim, yang berasal dari militer dan hakim non militer. 

Hakim dari militer merupakan perwakilan dari 4 orang Angkatan Darat, 3 Angkatan Udara dan 3 Angkatan Laut dengan pangkat perwira tinggi aktif dan tidak diperlukan latar belakang hukum, karena mereka hanya diharapkan memberikan masukan berdasarkan pengalaman militer mereka. 

Sementara itu, 5 orang hakim sipil yang berlatar belakang hukum bertugas untuk memberikan masukan dari sisi hukum.

Pengadilan ketiga yang dikunjungi adalah Tribunal Superior do Trabalho, TST (Supreme Labour Court). Pada TST delegasi diterima oleh Presiden TST Justice Lelio Bentes Corrêa. 

Dalam dialog tersebut, President Lelio Bentes Corrêa menjelaskan berbagai aspek kewenangan TST, dimana pengadilan yang menerima ⁰300 ribu perkara setiap tahunnya, TST berhasil menyelesaikan 40% diantaranya dengan konsiliasi.

TST merupakan pengadilan tertinggi dalam sistem pengadilan ketenagakerjaan federal Brasil, yang meliputi Pengadilan Perburuhan Regional (Tribunais Regionais do Trabalho - TRT), pada tingkat banding umum, dan Pengadilan Perburuhan Uji (Varas do Trabalho) pada tingkat pertama. Hakim pada TST adalah sepenuhnya hakim profesional. Tidak ada perwakilan pemerintah atau perwakilan buruh di panel pengadilan TST ini.

Pelantikan Ketua Mahkamah Agung Brazil

Dalam kesempatan ini, delegasi juga berkesempatan menghadiri upacara pelantikan Ketua Mahkamah Agung (STJ) Brazil, Antonio Herman Benjamin, yang dilantik pada 22 Agustus 2024 sore. 

Dalam upacara yang berlangsung megah, dihadiri 1500 orang undangan dari kalangan eksekutif, legislatif dan Yudikatif Brazil, delegasi Mahkamah Agung RI memperoleh kesempatan untuk diterima langsung oleh Presiden Brazil Luiz Inácio Lula da Silva dan berbagai pejabat kehakiman lainnya.

Simposium Internasional Perubahan Iklim, Air dan Hutan

Bersamaan dengan kunjungan ini, Ketua Mahkamah Agung RI pada 23 Agustus 2024 berkesempatan menjadi panelis dalam simposium Internasional bertajuk Internasional Perubahan Iklim Air Dan Hutan (Simpósio Internacional Mudanças Climáticas,Água e Floresta) yang diselenggarakan di Itamaraty Palce– Kementerian Luar Negeri Brazil.

Simposium ini di tayangkan dan dihadiri secara nasional di Brazil dan diikuti oleh berbagai pakar hukum lingkungan seperti Professor Christina Voight, Universitas Oslo dan Ketua Komisi Hukum Lingkungan Dunia IUCN), Profesor Nicholas Bryner, Faculty of Law Louisiana State University, dan pembicara penting Brazil lainnya seperti , Senator Leila Barros Senator Republik untuk Distrik Federal, Duta Besar Luiz Alberto Figueiredo Duta Besar Perubahan yang Luar Biasa Iklim dan mantan Menteri Luar Negeri Brazil, Ambassador José Carlos Fonseca Júnior, Executive President of Empapel - Brazilian Association of Paper Packaging and Institutional Director of Ibá - Brazilian Tree Industry, Vanessa Grazziotin, Executive Director of the Amazon Cooperation Treaty Organization -- ACTO and former Senator of Brazil.

Ketua Mahkamah Agung RI memberikan pidato pembukaan tentang pengalaman Indonesia, khususnya Mahkamah Agung RI dalam mendorong literasi hukum lingkungan dan perubahan iklim di Indonesia.

Ketua MARI menjelaskan bahwa keinginan Mahkamah Agung RI dalam meningkatkan perlindungan hukum lingkungan di Indonesia telah dilakukan dengan berbagai strategi, utamanya dengan sertifikasi hakim lingkungan. Ini untuk mendukung kebijakan pemerintah yang juga telah sangat responsif dalam memenuhi kewajiban perjanjian-perjanjian internasional. 

Selain itu Mahkamah Agung RI juga melalui fungsi regulasi banyak mendorong adopsi praktek terbaik perubahan ikllim yang diakui secara internasional dengan mengeluarkan berbagai kebijakan tentang itu. 

Kebijakan ini meliputi penerapan prinsip in dubio pro natura, dan pemberian hak untuk menggugat bagi masyarakat sipil. 

Membangun Kerjasama Jangka Panjang

Dalam kunjungan kerja kali ini, delegasi MARI dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, SH., MH, Wakil Ketua MARI, Prof. Dr, Sunarto, SH., MH didampingi oleh Ibu, Ketua Kamar Pidana Militer Dr. Burhan Dahlan, SH., MH, Ketua Kamar Perdata I Gusti Agung Sumanatha, SH., MH, Ketua Kamar Pengawasan, Dwiarso Budi Santiarto, SH., MH, Prof. Dr. Surya Jaya, SH., MHum Hakim Agung Kamar Pidana, Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum, Panitera MARI, Sugiyanto, SH., MH, Sekretaris MARI, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM Koordinator Tim Pembaruan Peradilan MARI. Dr. Aria Suyudi, S.H., LL.M Staf Khusus Ketua MARI, Kapten Dede Andriawan, ST.Han., SH., MHTTL Ajudan MARI.

Menurut Presiden Antonio Herman Benjamin, bagi STJ Brazil sendiri, kerjasama dengan Mahkamah Agung RI adalah agenda prioritas dalam kerjasama Internasional STJ, karena kesamaan dalam hal keanekaragaman hayati. Ke depannya akan diadakan pengembangan kerjasama dalam area pendidikan dan pelatihan hakim, yang diharapkan bisa terlaksana bulan Oktober 2024 yang akan datang.

Ketua Mahkamah Agung RI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan STJ brazil yang telah mengundang dan melayani delegasi MARI dengan baik. 

Beliau berharap untuk bisa mengundang pimpinan STJ Brazil untuk dapat melakukan kunjungan kerja ke Indonesia dalam rangka implementasi nota kesepahaman tersebut. (Arianto)

Share:

Gus Halim: Program TEKAD Terbukti Efektif Karena Fokus pada Skala Mikro


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) dinilai sangat efektif dalam pembangunan desa karena pendekatannya yang fokus pada skala mikro. 

Dengan berfokus pada skala mikro, program TEKAD dapat memberikan intervensi yang lebih rinci dan tepat sasaran dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi di setiap desa.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, atau yang akrab disapa Gus Halim, saat menutup Workshop Nasional TEKAD di Ancol, Jakarta, Selasa malam (27/8/2024).

"Selalu saya tekankan bahwa kunci pembangunan desa terletak pada pendekatan skala mikro," ujar Gus Halim.

Menurutnya, pembangunan desa akan lebih efektif jika data, lokus, dan penanganannya berfokus pada aspek mikro, meskipun jumlah desa yang perlu dibangun mencapai 78.000. 

“Setiap desa memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi budaya maupun bahasa, dan inilah mengapa pendekatan mikro sangat penting,” kata Guru Besar Kehormatan Universitas Negeri Surabaya tersebut.

Program TEKAD yang berpusat di wilayah Indonesia Timur dinilai Gus Halim sangat spesifik dan efektif mengingat wilayah tersebut relatif lebih homogen. Meskipun program ini akan berakhir pada tahun 2024, Gus Halim mengharapkan keberhasilan yang telah diraih dapat diteruskan oleh pihak-pihak terkait.

“Investasi yang telah dilakukan sudah sangat bagus, sehingga seluruh upaya yang telah dikerjakan harus dilanjutkan dengan memanfaatkan potensi yang ada,” tambah Gus Halim. 

Ia juga mendorong agar keberhasilan program ini dijadikan sebagai warisan yang perlu diperluas cakupannya dan diperkuat jejaringnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Halim juga mengingatkan pentingnya akuntabilitas dalam menjalankan program-program pembangunan desa. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan program TEKAD, terutama di wilayah Indonesia Timur, dan juga berpamitan seiring berakhirnya masa jabatannya sebagai Menteri Desa PDTT.

Pada acara tersebut, Gus Halim memberikan penghargaan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dari tingkat kabupaten, provinsi, dan desa yang memiliki capaian kinerja terbaik. 

Hadir turut mendampingi Gus Halim beberapa pejabat tinggi madya dari Kemendes PDTT, seperti Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Harlina Sulistyorini, Dirjen PPKTrans Danton Ginting, dan Dirjen PPDT Nugroho Setijo Nagoro.

Untuk diketahui, Program TEKAD telah dilaksanakan di 9 provinsi dan 25 kabupaten di Indonesia Timur, termasuk Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan berbagai provinsi di Papua. Program ini telah berhasil mengubah paradigma masyarakat desa tentang pentingnya membangun ekonomi perdesaan dengan memanfaatkan potensi unggulan dan sumber daya alam yang tersedia.

Selain kegiatan peningkatan kapasitas, program TEKAD juga meliputi intervensi lain seperti demonstrasi plot (demplot), Rumah Inovasi Teknologi Desa (RITD), dan Investment Fund (IF). 

Adapun Workshop Nasional Program TEKAD Tahun 2024 ini, mengangkat tema “Membangun Masyarakat Desa di Wilayah Indonesia Timur yang Sejahtera Melalui Transformasi Ekonomi Desa/Kampung.”

Workshop ini dihadiri oleh Gubernur pada 9 Provinsi, Bupati pada 25 Kabupaten, Kepala Dinas PMK Provinsi atau sebutan lainnya, Kepala Dinas PMK Kabupaten atau sebutan lainnya, Kepala Bappeda Kabupaten, Tim Pelaksana Kegiatan Program TEKAD, Koordinator TPK Provinsi, Koordinator TPK Kabupaten, Peserta Pusat Kementerian / Lembaga, serta peserta lingkup Kementerian Desa PDTT.

Para narasumber yang diundang antara lain Menteri Desa PDTT, Wakil Menteri Desa PDTT, Deputi Pengembangan Regional Bappenas, Deputi Pendanaan Bappenas, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia, serta Country Director International Fund For Agricultural Development (IFAD).

Selain itu, hadir pula para Inspektur Wilayah 2 dan wilayah 5 Inspektorat Jenderal Kemendes PDTT, Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat BPSDM Kemendes PDTT, dan Mitra Pembangunan Program TEKAD seperti Agradaya, Kalasan Valley, Javara, PT.Mars Symbioscience, dan PT. Alko. (Arianto)




Share:

Danrem 031/WB Hadiri Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M.Han di wakili Kepala Staf Korem 031/Wira Bima Kolonel Kav Eko Agus Nugroho S.I.P., M.Si menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024 dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), yang dilaksanakan di Lapangan Polda Riau, Pekanbaru, Selasa (27/08/2024).

Apel Kesiapsiagaan Pelaksanaan Operasi "Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024" dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 di Wilayah Provinsi Riau dengan tujuan sebagai upaya terpadu dalam menjaga keamanan Pilkada serentak diwilayah hukum Polda Riau yang dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen. Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H.

Setiap pelaksanaan pengamanan harus sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku, lakukan deteksi dini sebagai kunci utama dalam mencegah adanya potensi ancaman yang timbul, serta laporkan setiap kendala yang ada di lapangan pada saat pelaksanaan proses Pilkada serentak 2024 kepada pimpinan, serta Sinergitas dan Soliditas TNI/Polri serta seluruh stake holder sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada 2024 yang kondusif.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pj Gubernur Provinsi Riau diwakili oleh Kasat Kasat Pol PP Provinsi Riau Drs. Hadi Penandio, Ketua DPRD Provinsi Riau diwakili oleh Wakil Ketua III DPRD Provinsi Riau (Hardianto, SE,M.Si), Kajati Riau diwakili oleh As Intel Kejati Riau Bpk. Edi M.J, Danlanud RSN diwakili oleh Kadis Ops Lanud RSN (Letkol Pnb Ignatius Widi Nugroho P), Danlanal Dumai diwakili oleh Danden Pom Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Syaparudin, Kabinda Riau P. Hadipurnawan, S.H, Waka Polda Riau Brigjen POL Drs. K. Rahmadi, S.H., M.H.

Hadir juga, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting,AP,M.Si, Ketua KPU Provinsi Riau Rusidi Rusdan, S.Ag., M.pd.i, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, S.E., M.IKom, Danyon Ko 462/Kopasgat Mayor Pas Wahyu Kurniawan, Dandenpom AU RSN Letkol Pom Eka Wahyudi, Danden POM I/3 Pekanbaru diwakili Dansat Pat penegak Hukum, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting,AP,M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Andi Yanto, SH, MH, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., M.H, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau Hasjuddin SE, MM, PJU Polda Riau, Kepala Basaranas Provinsi Riau, Kepala Damkar Provinsi Riau, Kepala BMKG Provinsi Riau. (Arianto)

Share:

Hadiri Simulasi Sispamkota Operasi Praja Lancang Kuning 2024, Inilah Pesan Brigjen TNI Dany Rakca


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.Han, menghadiri Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Lancang Kuning dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024 di Jl Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (26/8/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.Han, bersama
Pj Gubernur Riau dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau dan tamu undangan lainnya.

Setelah menyaksikan langsung pelaksanaan simulasi tersebut, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.Han, meyakini persiapan sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh stakeholder terkait. Maka dari itu ia berharap pelaksanaan Pilkada serentak berjalan lancar di Bumi Lancang Kuning.

"Tadi kita sudah menyaksikan bersama sama Sispamkota Operasi Mantap Praja Lancang Kuning dalam rangka penanganan baik ketertiban maupun pengamanan," kata Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.Han. "Semoga semua tahapan Pilkada di Provinsi Riau bisa berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan bahwa dalam konteks demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) hal yang tertinggi perwujudan suara langsung masyarakat yang diberikan untuk memilih kepala daerah secara langsung dan tidak bisa diintervensi oleh apapun.

"Oleh karena itu, sebagai aparat pemerintahan, penyelenggara pemilu, pengamanan dan lainnya harus bersinergi untuk mempersiapkan tugas pokok dan fungsi kita agar semuanya bisa berjalan dengan baik," kata Kapolda Riau.

Lebih lanjut, Kapolda Riau mengajak seluruh stakeholder untuk mempersiapkan manajemen pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

"Insya Allah dengan tulus dan ikhlas, Allah SWT akan memudahkan, melindungi dan membimbing kita untuk melakukan tugas mulia dalam demokrasi yang akan berlangsung sebentar lagi," pungkasnya.

Kapolda Riau juga mengingatkan agar seluruh Sistem Pengamanan Kota untuk melaksanakan tugas dengan baik. Ia juga menjelaskan bahwa simulasi tersebut merupakan penampilan dari latihan-latihan yang telah dilakukan untuk pengamanan Pilkada.

Jadi bukan hanya rapat koordinasi yang kita lakukan tetapi kesiapan operasional juga harus kita lakukan. Mari bersama-sama kita eratkan tangan, bahu membahu rapatkan barisan untuk pemilu di Provinsi Riau agar kondusif. (Arianto)


Share:

Rencana Ubah Permen Tarif Pelabuhan, Ketua DPD RI Minta Menhub Dengar Aspirasi Asosiasi di Daerah


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Rencana kementerian perhubungan untuk menggubah Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tarif Kepelabuhanan sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran mendapat penolakan dari asosiasi kepelabuhanan dan organisasi pengusaha di daerah. 
 
Untuk itu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Menteri Perhubungan mendengar aspirasi dari para pelaku dunia usaha pelayaran terkait rencana perubahan atas Permenhub sebelumnya, yakni Permenhub Nomor 121 tahun 2018. Karena ada perbedaan atas Permenhub yang lama dengan Rancangan Permenhub yang baru nanti. Khususnya di norma pelibatan stakeholder dalam penentuan tarif.
 
“Saya sudah mendengar dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur dan lima Asosiasi yang bergerak di usaha pelayaran dan pelabuhan. Mereka menolak klausul penghilangan keterlibatan stakeholder dalam penentuan tarif. Ini penting, karena semua kebijakan publik, wajib membuka ruang partisipasi. Terutama yang berdampak langsung kepada stakeholder,” ungkap LaNyalla, Senin (26/8/2024) di Jakarta. 
 
Dikatakan LaNyalla, sebaiknya Kementerian Perhubungan merespon aspirasi yang berkembang. Mengingat angka Logistic Performance Index (LPI) Indonesia justru harus ditingkatkan skornya. Salah satu yang menjadi faktor adalah cost of logistic. Jangan sampai jadi lebih mahal. “Jadi aspirasi mereka penting untuk didengar, demi memperkuat industri manufaktur, terutama dalam ekspor produk dan impor bahan baku,” imbuh mantan Ketua Umum KADIN Jatim ini. 
 
Seperti diberitakan, KADIN Jawa Timur bersama lima Asosiasi Kepelabuhanan, yakni Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia (INSA) Surabaya, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jatim, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tanjung Perak, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jatim, dan Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jatim keberatan dengan rencana perubahan Permenhub Nomor 121 tahun 2018 tersebut. 
 
Dikatakan Ketua KADIN Jatim, Adik Dwi Putranto, peraturan yang ada, Nomor 121/2018 sudah tepat, karena penentuan tarif melibatkan asosiasi kepelabuhanan. Namun ada rencana menghilangkan klausul keterlibatan tersebut. Sehingga Badan Usaha Pelabuhan (BUP) bisa menaikkan tarif sepihak. 
 
Adik yakin pemerintah akan memahami penolakan tersebut, mengingat peta jalan pemerintah adalah menurunkan biaya logistik, agar daya saing produk Indonesia semakin naik. “Kami menyuarakan hal ini, karena menjadi perhatian serius para pelaku dunia usaha Pelayaran dan Pelabuhan,” tukasnya Jumat lalu. 
 
Menurut informasi, KADIN Jatim bersama asosiasi-asosiasi terkait akan bersurat secara resmi kepada Presiden, Kementerian dan Lembaga Legislatif terkait hal tersebut. (Arianto)



Share:

Bank Kalsel Support Iloenx Enterprise Event Coloring Contest Independence Day


Duta Nusantara Merdeka | Banjarmasin, 
Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Event Organizer Iloenx Enterprise Banjarmasin menggelar Lomba Mewarnai Agustusan yang bertajuk Coloring Contest Independence Day, Ahad (25/8/24).

Acara yang dimulai siang hari tersebut digelar di Area Food Court, lantai 2 Gedung Hypermart, Jalan Jenderal Ahmad Yani Paal 6,7 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Lomba mewarnai dibagi dalam 3 kategori, yakni tingkat PAUD/TK/RA, SD/MI kelas 1-3 dan kelas 4-6 dan diikuti dari berbagai sekolah yang ada di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan sekitarnya.

Perasaan senang dirasakan salah satu siswa yang menjadi juara 1 lomba. Dia adalah Malya Fatimah Zahra, siswi dari TK Islam Nurul Ibadah, Jalan Jenderal Gatot Soebroto/Mahat Kasan, Banjarmasin Timur. “Senang rasanya bisa tampil di panggung karena jadi Juara 1. Acaranya juga seru banget. Semua siswa bisa unjuk kreativitas mewakili kelas dan sekolahnya masing-masing,” tutur pasangan Muhammad Ihsan Ramadhani dan Muslimah, orang tua yang mendampinginya.

Dikatakan Muslimah, lomba seperti ini dapat menumbuhkan kreativitas anak serta motorik juga semakin berkembang. “Karena kegiatannya positif, maka saya sebagai orangtua tentu sangat mendukung agar anak saya ini nantinya semakin berprestasi,” lanjutnya.

Tak hanya siswa dari TK saja, tetapi rasa senang juga dirasakan para peserta lomba mewarnai tingkat SD dari kelas 1 hingga 6.

Ichal, selaku Manager EO Iloenx enterprise mengungkapkan bahwa siswa TK dan SD di Kalsel mayoritas menyukai kegiatan mewarnai. “Mewarnai adalah hal yang disukai oleh anak-anak TK dan SD di daerah kita ini. Terbukti, setiap kami menggelar lomba mewarnai selalu membludak. Untuk saat ini saja pesertanya mencapai 57 orang, padahal pendaftaran dibuka hanya 3 hari. Ini menunjukkan betapa besarnya antusias para orangtua untuk mengasah skill seni buah hatinya,” kata pemilik EO spesialis lomba anak ini.

“Melalui kegiatan ini mereka bisa menuangkan beragam imajinasi, sehingga gambar yang dihasilkan menunjukkan tingkat kreativitas dalam diri siswa,” ungkapnya.

Dalam melakukan penilaian lomba mewarnai, Dewan Juri memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan hasil karya terbaik seperti komposisi warna, kerapian, kebersihan, imajinasi dan kreativitas.

Hal senada juga diungkapkan Store General Manager Hypermart 402 A. Yani Km 6,7 Kertak Hanyar, Setyawan Dwi Nugroho. “Mewarnai sejak dini membuat anak mulai kreatif dan mengembangkan kemampuan motorik anak. Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik anak, kegiatan mewarnai juga dapat membantu anak mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk.” ujarnya.

Ia pun berjanji akan terus mensupport kegiatan serupa demi terus mengembangkan dan mengasah kreatifitas anak di Kalimantan Selatan.

Alhasil, inilah jawara mewarnai dalam event Coloring Contest Independence Day kali ini.
Kategori A (PAUD/TK/RA) Juara 1 diraih Malya Fatimah Zahra (TK Islam Nurul Ibadah Banjarmasin Timur), Juara 2 Mia Aqila Wijaya (TK Fantasha Banjarbaru), Juara 3 Ahmad Alfatih Abqary (TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara), Harapan 1 M. Fatih Arzaqona (TKN Pembina 4 Banjarmasin Utara), Harapan 2 Zenia Maulidita (TK Kartika V-21 Banjarmasin Tengah) dan Harapan 3 Siti Zaitun Fatimah (TK Dharmayanti 3 Banjarbaru).

Di Kategori B Juara 1 Nathan (Madrasah Ibtidaiyah Negeri/MIN 3 Banjarmasin Selatan), Juara 2 Nur Fitri Khalisa (SDN Jawa 5 Martapura Kabupaten Banjar), Juara 3 Muhammad Akbar Khalfani (SDIT Ukhuwah Banjarmasin), Harapan 1 Mayra Husna Kamila (MIN 4 Sungai Lulut, Kabupaten Banjar), Harapan 2 Alyssa Azzahra (MI 2 Belitung, Banjarmasin) dan Harapan 3 Alika Nayla Putri (SDN 1 Berangas Timur, Kabupaten Barito Kuala).

Sementara untuk Kategori C Juara 1 Ruqayah Kamilah (SDIT Nurul Fikri Banjarmasin Barat), Juara 2 Nazma Ulhusna (SDN 1 Mentaos Banjarbaru), Juara 3 Syafira Thalita Arumi (SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin Utara), Harapan 1 Achmad Nizar Ruwayfi (SDN Sungai Lulut 8 Banjarmasin Timur), Harapan 2 Alya Amira Maulida (Madrasah Diniyah Islamiyyah Muhammadiyah/MDIM 1-2 Kindaung Banjarmasin Utara), dan Harapan 3 Bilqis Dzakiya Anjarni (SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin Timur).

Para pemenang mendapatkan trophy kaki dua, emas, voucher kursus coding dan 3D, piagam penghargaan serta uang pembinaan.

Acara Lomba Mewarna ini sukses digelar atas dukungan penuh Bank Kalsel, dan para sponsorship yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel, Asayama Family Club (AFC) Banjarmasin Distributor Dais Melinda, Enspire School Of Digital Art (ESDA), Kode Kiddo, Kota Kopi, Baby Gold, Berkah Gambut, Kacang Telor Abunawas dan Media Partner Surat Kabar Duta Nusantara Merdeka. (Arianto)



Share:

Danrem 031/Wira Bima Apresiasi Dedikasi Prajurit dalam Kunjungan KASAD


Duta Nusantara Merdeka | Pekanbaru 
Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M.Han., memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 031/Wira Bima di Pekanbaru, Senin (26/8/2024). Dalam arahannya, Danrem menyampaikan apresiasi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., atas semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit selama kunjungan KASAD ke Korem 031/Wira Bima.

Danrem Brigjen TNI Dany Rakca menyampaikan bahwa kunjungan KASAD ini merupakan momen penting yang mencerminkan perhatian dan dukungan pimpinan TNI AD terhadap tugas dan tanggung jawab Korem 031/Wira Bima dalam menjaga keamanan dan membantu pembangunan wilayah. "Kunjungan KASAD ini adalah bukti bahwa kerja keras kita diakui dan dihargai oleh pimpinan. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mempersiapkan dan menyukseskan kunjungan ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Dany Rakca mengingatkan seluruh prajurit untuk terus berdedikasi, inovatif, cerdas, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Ia juga menegaskan pentingnya menghindari pelanggaran sekecil apa pun, karena hal tersebut dapat mencemarkan nama baik satuan. "Jaga nama baik Korem 031/Wira Bima dengan selalu berbuat yang terbaik," tutupnya.

Editor: Arianto 


Share:

Jelang Pilkada Serentak, Sekretaris Ditjen Dukcapil Ingatkan Daerah Hati-Hati Terbitkan NIK Baru


Duta Nusantara Merdeka | Talaud 
Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Sifatnya yang unik dan khas ini menjadikan NIK hanya diterbitkan satu kali untuk setiap penduduk. NIK akan melekat kepada setiap penduduk selamanya. Setelah meninggal dunia, NIK bahkan tetap menjadi milik penduduk tersebut.

Oleh karenanya, Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hani Syopiar Rustam lantang mengingatkan Dinas Dukcapil agar lebih teliti dan hati-hati dalam menerbitkan NIK baru untuk orang dewasa. Pesan ini disampaikannya kepada peserta Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) bagi Operator Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Penduduk usia 20 tahun ke atas, apalagi sudah kepala tiga atau kepala empat, tolong hati-hati dan teliti jika ada yang minta menerbitkan NIK baru. Cek secara berlapis. Cek namanya, tanggal lahirnya, dan nama ibunya. Cek juga biometriknya," tegas Hani di Aula T2 Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (23/8/2024).

Ketegasan mantan Penjabat (Pj.) Bupati Banyuasin ini sangat beralasan. Menurutnya, saat ini hampir sulit menemukan penduduk dewasa yang belum memiliki NIK. Ia khawatir penerbitan NIK baru bagi orang dewasa bisa dimanfaatkan oleh orang asing atau warga negara asing (WNA) untuk tujuan yang melanggar hukum.

"Terlebih sebentar lagi Pilkada Serentak 2024. Ini momen politik jangan sampai data Dukcapil dinodai oleh kepentingan atau orang yang tidak bertanggung jawab," pinta Hani.

Penerbitan NIK baru bagi penduduk Indonesia yang sudah memiliki NIK dinilai justru akan menyulitkan bagi yang bersangkutan, mengingat data kependudukan dikunci ketunggalannya dengan biometrik sidik jari dan iris mata.

"Jika ada WNI dewasa minta dibuatkan NIK baru padahal sebelumnya sudah memiliki NIK, maka akan terjadi data ganda. Data ganda tidak bisa diterbitkan KTP-elnya. Selain itu, juga akan kesulitan mengakses layanan publik karena datanya bermasalah," urai Hani.

Lebih lanjut, Hani Syopiar Rustam meminta Dinas Dukcapil untuk menuntaskan perekaman KTP-el jelang Pilkada Serentak 2024. Dia juga meminta segera memusnahkan blangko KTP-el invalid secara rutin.

"Imbau juga masyarakat agar jangan sampai posting KTP-el, KK, dan dokumen lainnya di sosmed, karena itu dapat digunakan secara tidak bertanggung jawab oleh orang lain. Juga segera ajukan penonaktifan data penduduk yang tidak dikenali seperti meninggal, pindah, ganda, dan lain-lain," urai Hani.

Kehati-hatian dalam pelayanan tentu sangat penting bagi jajaran Dukcapil seluruh Indonesia. Hal ini tiada lain untuk menjaga data seluruh penduduk Indonesia yang ada dalam database kependudukan nasional.

Berdasarkan rilis data kependudukan bersih oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Teguh Setyabudi belum lama ini, terdapat 282.477.584 juta jiwa data penduduk yang harus dijaga kementerian yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian ini. Data itu terdiri dari 142.569.663 jiwa penduduk berjenis kelamin laki-laki, dan 139.907.921 jiwa penduduk berjenis kelamin perempuan.

"Data ini dimanfaatkan dalam berbagai layanan publik. Sampai akhir Juli 2024, ada 6.552 lembaga yang tergantung pada data kependudukan. Mari kita jaga bersama, mulai dari jajaran Dukcapil, pemerintah daerah, lembaga pengguna, hingga masyarakat sebagai pemilik data," jelas Teguh.

Adapun Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan SIAK bagi Operator Desa/Kelurahan se-Kabupaten Talaud mengusung tema "Talaud Menuju Digitalisasi Adminduk melalui Penerapan SIAK Terpusat".

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelayanan dokumen kependudukan, launching perjanjian kerja sama pemanfaatan data kependudukan bagi 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengguna, launching Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta pemberian penghargaan kepada 16 desa terbaik tertib administrasi kependudukan.

Untuk layanan dokumen kependudukan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 22 hingga 24 Agustus 2024 di beberapa pulau. Hingga siang tanggal 24 Agustus 2024, sebanyak 770 dokumen kependudukan sudah diterbitkan dengan rincian hari pertama sebanyak 302 dokumen, hari kedua 221 dokumen, dan hari ketiga 247 dokumen.

Hadir pada kegiatan ini Pelaksana Tugas (Plt.) Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Kemendagri Rohayati Basra, Direktur Bina Aparatur Dukcapil Andi Kriarmoni, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kepulauan Talaud Gustaf Atang, dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kepulauan Talaud Lukas Auy.

Hadir pula para pejabat fungsional Ditjen Dukcapil, yaitu Perencana Ahli Muda Zainudin, Analis Kebijakan Ahli Muda Zefanya Josua Jocom, dan Pranata Komputer Ahli Muda Paturi. Juga hadir para pimpinan OPD se-Talaud, camat, kepala desa/lurah, dan operator SIAK. (Arianto)



Share:

YANB Rayakan HUT Ke-5 dengan Pengobatan Gratis


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79 dan ulang tahun Yayasan Amazing New Beginning (YANB) yang ke-5 pada 25 Agustus 2024, YANB menggelar kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat Pademangan Barat, Jakarta Utara. Acara ini merupakan bentuk pengabdian sosial YANB untuk masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Umum YANB, dr. Karl H Silaen, Sp.M, MARS, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini. "Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini kami dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kolaborasi luar biasa ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dari teman-teman Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Alfa Izhin dan rekan-rekan dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) serta Harimau yang telah bersatu untuk tujuan kemanusiaan," ujarnya.


Kegiatan pengobatan gratis ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. H. Tarmidzi, Pembina DKM Masjid Alfa Izhin, menyatakan bahwa acara ini sangat membantu warga yang kurang mampu dalam menjaga kesehatan. "Kegiatan baksos ini luar biasa. YANB telah memberikan kontribusi nyata dengan pengalaman para dokter yang berbuat sosial di tengah masyarakat," katanya.

Sekcam Pademangan Barat, yang diwakili oleh Bidang Kesra, juga hadir dalam acara ini dan mengapresiasi semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh semua pihak yang terlibat. "Semoga semangat kebersamaan ini terus terjalin dan semakin banyak kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat di masa depan," tambahnya.

Yayasan Amazing New Beginning berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk membantu masyarakat tanpa memandang suku, ras, dan agama. "Kami berkomitmen untuk terus berbuat sosial demi kesehatan masyarakat," pungkas dr. Karl.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto

Share:

Anies Baswedan Apresiasi Kontribusi Partai Buruh dalam Perubahan Konstelasi Pilkada


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri undangan dari Partai Buruh di Posko Pemenangan Partai Buruh, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (25/08/2024). Dalam pertemuan tersebut, Anies berdiskusi dengan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, serta jajaran petinggi dan kader partai.

Anies mengapresiasi peran besar Partai Buruh sebagai salah satu inisiator gugatan yang menghasilkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60 Tahun 2024. Putusan ini secara signifikan mengubah konstelasi Pilkada di berbagai daerah. “Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Partai Buruh, Bung Said Iqbal, dan seluruh keluarga besar yang telah memperjuangkan prinsip kesetaraan dalam demokrasi,” ujar Anies.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya peran demokrasi dalam mencerminkan aspirasi rakyat, serta memuji perjuangan Partai Buruh yang mengajukan gugatan ke MK. “Perjuangan ini harus diapresiasi. Saya pribadi mengapresiasi, dan saya yakin seluruh rakyat Indonesia juga memberikan apresiasi,” lanjut Anies.

Selain itu, Anies menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sipil, mahasiswa, dan anggota dewan yang terus mengawal Putusan MK hingga menjadi PKPU Nomor 8 Tahun 2024, sehingga seluruh proses Pilkada mengacu pada putusan tersebut.

Di sisi lain, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, menyatakan dukungan penuh partainya untuk Anies sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Namun, ia menegaskan bahwa Partai Buruh masih menunggu inisiatif dari partai-partai besar lainnya untuk memenuhi ambang batas pencalonan.

“Kami telah mempelajari rekam jejak Pak Anies dan berkesimpulan untuk mengusung beliau dalam Pilkada DKI. Namun, kami menunggu dukungan dari partai besar lainnya,” ujar Said Iqbal.

Reporter: Lakalim Adalin 
Editor: Arianto 


Share:

LaNyalla Hadiri Pembukaan Muktamar PKB VI Tahun 2024


Duta Nusantara Merdeka | Bali 
KETUA DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menghadiri undangan pembukaan Muktamar PKB VI tahun 2024 yang digelar di Nusa Dua Bali, Sabtu (24/08/2024). Rencananya Muktamar akan digelar selama dua hari.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua DPD RI di acara tersebut. Kata dia, acara muktamar ini spesial karena dihadiri Ketua DPD RI. 

Karena, lanjut Muhaimin, acara tersebut bukan muktamar semata, acara yang digelar di Pulau Dewata Bali ini juga adalah syukuran atas banyaknya pencapaian PKB di kancah politik Indonesia.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin juga menyatakan bahagia bisa hadir di acara Muktamar. Kata Wapres, PKB merupakan partai milik semua, karena PKB mengusung kemaslahatan banyak orang dengan politik Rahmatan Lil Alamin.

Selain Wapres, hadir juga Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Sejumlah petinggi partai politik terlihat hadir di lokasi, diantaranya adalah Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsy, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, dan Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara. (Ari)


Share:

Kasum TNI Hadiri Malam Apresiasi Setapak Perubahan Polri Tahun 2024


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Malam Apresiasi Kreasi Setapak Perubahan Polri Tahun 2024, bertempat di The Tribrata Hotel & Convention Center, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Tujuan dari kegiatan apresiasi kreasi ini merupakan wujud penghargaan pimpinan Polri atas keikutsertaan seluruh pihak dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 Kepolisian RI, sekaligus mewujudkan sinergisitas Polri, TNI dan Masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. 

Rangkaian acara terdiri dari pemberian penghargaan kepada pemenang lomba, tarian nusantara serta beberapa hiburan dari artis Ibukota.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, para Pejabat Tinggi Mabes Polri, Wakapuspen TNI Brigjen TNI (Mar) Freddy Ardianzah, Kadispenad Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana, Kadispenau Marsma TNI Ardi Syahri, para pejabat Polri serta para undangan lainnya. (Arianto)


Share:

Mahkamah Agung Raih JDIHN Awards Terbaik I-2024


Duta Nusantara Merdeka | Jakarta 
Ketua Kamar Pembinaan pada Mahkamah Agung, Syamsul Maarif, S.H., L.L.M, Ph.D. menerima Piagam Penghargaan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Awards Terbaik I Tahun 2024 Kategori Tingkat Lembaga Negara yang diberikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H, M.Hum pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center Jakarta.

Acara Pertemuan Nasional Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2024 dengan tema “JDIHN Berkualitas Meningkatkan Literasl dan Kepatuhan Hukum” ini dihadiri 759 peserta termasuk 137 penerima awards, dari seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, JDIH Mahkamah Agung terbentuk sejak Tahun 2012 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Nasional, yang didalamnya pada Pasal 4 mengamanatkan kepada setiap kepala lembaga pemerintahan berkewajiban untuk membentuk suatu jaringan dokumentasi informasi hukum di lingkungannya.

Kepala BPHN yang mewakili Menteri Hukum dan HAM ini dalam sambutannya menyampaikan, literasi hukum masih menjadi tantangan di banyak negara. 

Kurangnya akses terhadap informasi hukum, pendidikan hukum, dan budaya yang tidak mendorong kepedulian terhadap hukum menjadi faktor rendahnya literasi hukum.

Untuk menghadapi tantangan ini, Negara memiliki kewajiban untuk ikut hadir dengan menjamin aksesibilitas terhadap dokumen dan informasi hukum yang mudah dan terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Maka upaya untuk meningkatkan literasi hukum harus menjadi prioritas bagi setiap negara. 

Pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat harus bekerja sama memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi hukum, meningkatkan pendidikan hukum, dan membentuk budaya yang mendorong kepedulian terhadap hukum sehingga mampu mewujudkan kepatuhan hukum.

Prof. Widodo juga mengucapkan selamat kepada anggota JDIHN yang mendapat penghargaan JDIHN Awards Tahun 2024 atas prestasi yang diraih dan sekaligus ucapan terima kasih atas kerja sama, dukungan dan komitmen dalam memajukan JDIHN.

Dirinya juga berpesan semoga prestasi yang telah dicapai dapat menginspirasi Anggota JDIHN lainnya untuk meningkatkan pengelolaan JDIH masing-masing di instansinya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dan melakukan berbagai inovasi peningkatan pelayanan publik, sehingga di tahun 2025 nanti dapat memberikan kinerja yang terbaik.

Sementara itu Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Jonny Pesta Simamora, S.IP., M.Si dalam laporannya menyampaikan berdasarkan hasil inventarisasi, jumlah Anggota JDIHN yang ada saat ini adalah 1.617 instansi yang terdiri dari: Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, Sekretariat DPRD Provinsi, Sekretariat DPRD Kabupaten, Sekretariat DPRD Kota, dan Perguruan Tinggi.

Selamat kepada Tim JDIH Mahkamah Agung atas prestasi yang telah diraih, terus berupaya berinovasi mempertahankan prestasi saat ini untuk pengembangan JDIH kedepan. Arianto)


Share:

KIRIM BERITA SILAHKAN KLIK

KIRIM BERITA ANDA KESINI! Merasa Terbantu Dengan Publikasi ? Ayo Traktir Kopi Untuk Admin Dengan Cara Berbagai Donasi. Terimakasih :)



BREAKING NEWS

~||~ KPU Tetapkan Pasangan Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka Menjadi Presiden Terpilih ~||~ Kampung Rakyat Indonesia Siap Sukseskan PILKADA Serentak Tahun 2024 ~||~ Hak Angket Kian Redup ~||~ Pasangan Capres & Cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD Resmi Layangkan Gugatan Hasil Pilpres Ke Mahkamah Konstitusi ~||~ #PEMILUDAMAI ~||~

Kilas Balik Bung Karno

Kilas Balik Bung Karno - Makna Proklamasi

Ir. Soekarno (Sang Proklamator) Setiap Tahun kita Memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Maka kita tidak bisa t...

Like Fanpage

Follow In Twitter

Breaking News

IKUTI KAMI


loading...

NONTON VIDEO DAPAT DUIT

10 Berita Populer

IKLAN

IKLAN
Ingin Pasang Iklan hubungi Kami di 0812 6582 534

Label

(SAS) #2019GantiPresiden Accounting Aceh Aceh Timur Adat Istiadat Advokat AFF Agama Agraria AIDS Air Aisyiyah Aksara Aksi Aksi Sosial Aktivis Aktivitis Al Washliyah Album Amien Rais Anak Anak Yatim Anarkis Angkatan Darat Anies Baswedan Animal Anti Korupsi Arisan Artikel Artis Arus Mudik Asahan Asian Games ASN Asuransi Asusila Atlet Award Bacaleg Bachtiar Ahmad Sibarani Baksos Bakti Sosial Balap Liar Banda Aceh Bandar Lampung Bandara Bandung Banjir BANK Bank Sumut Bansos Banten Bantuan Sosial Bapenas BAPER Bappenas Basarnas Batu Akik Batubara Bawang Putih Bawaslu Bayi Bazar BBM Bea Cukai Beasiswa Begal Bekraf Beladiri Belanja Bencana Bencana Alam Beras Berita Bhabinkamtibmas Bhayangkara Bhayangkari Bioskop Bisnis BKPRMI BM PAN BNI BNN BNPT Bobby Nasution Bom Bunuh Diri Boomerang BPBD BPJS BPN BPOM BRI Brimob Buka lapak Bukit Asam Buku Bulog Bulukumba BUMN Bung Karno Bupati Bursa saham Bursasaham Buruh Bus Caleg Capital market CCTV Cerpen Cianjur Cikampek Citilink conference Cosplayer Covid-19 Covid-19 Satgas Covid19 Cuaca Cuci Tangan Curanmor Cyber Daerah Dakwah Dance Debat Presiden Debt Collector Dede Farhan Aulawi Deklarasi Deli Serdang Demonstrasi Densus 88 Desa Dewan Pengawas Dewata Sakti Dharma Pertiwi Dialog Digital Diklat Dinas Perhubungan Dirgahayu HUT RI Disiplin Diskusi Dongeng Donor Darah DPD RI DPR Duka Cita E-Money Effendi Simbolon Ekonom Ekonomi Ekspor Impor Electronics Elektronik Emas Empat Pilar Entertainment Es cream ESDM event Fashion Festival FGD FIFA Film Film Horor Film seri Anak Fintech FISIP Flores Timur Formasi Formula E Forum Furniture Futsal G30S/PKI GAAS Games Ganja Ganjar Ganjil Genap Garut Gaza Gebyar Kemerdekaan Gempa Geng Motor Genppari Gereja Gibran Gizi Buruk Go Pay Go-Jek Gojek Golkar Gotong Royong Grab Gubernur Guru Besar Gym Haedar Nasir ham HANI Harbolnas Hari Ibu Hewan Hiburan HIV HMI Hoax Hotel Hp Hukum Humas Humbahas HUT HUT Bhayangkara HUT RI HUT TNI Hutan Ibadah Ibadah Haji Ibu Negara Idul Adha Idul Fitri IKLAN Imlek IMM Indonesia Industri inflasi Informasi Infrastruktur Inspektorat Inspirasi Internasional Internet Intoleran Investor IPK IPM IPPI Islam ITB IWAPI Jakarta Jakarta Barat Jakarta Pusat Jalan Jambore Nasional Jawa Tengah Jawa Timur Jayapura Jokowi Juara Jum'at Barokah Jumanji Jumat Jumat Berkah Jurnalis Kaliber Kampanye Kampung Rakyat Indonesia Kampus Kamtibmas Kapolda Kapoldasu Kapolri Kapolsek Kapolsek Kepolisian Karaoke Karhutla Karya Tulis Kasus KDRT Keadilan Keagamaan Keamanan Kebakaran Kebangsaan Kebersihan Kebudayaan Kebun Kecantikan Kecelakaan Kedokteran Kegiatan Kegiatan seminar Kehutanan Kejahatan Kejaksaan Kejuaraan Kejurnas Kekerasan Kelestarian Alam Keluarga Kemalingan Kemanusiaan Kemenag Kemenaker Kemendag Kemendagri Kemendesa Kemendikbud Kemenhub Kemeninfo Kemenkes Kemenkeu Kemenko Kemenkumham Kemenlu KEMENPAN-RB Kemenparekraf Kemenperin Kemenpora kemenristek Kemensos Kementan Kemiskinan Kendaraan Dinas Kepala Daerah Kepedulian keperdulian Kepolisian Kerajaan Kereta Api kerja Paksa Kerjasama Kesehatan Kesejahteraan Keselamatan Kesenian Ketahanan Pangan Ketenagakerjaan Keuangan Khilafahtul Muslimin Kilas Balik Bung Karno Kivlan Zen KKP KNPI Kohati kompetisi Kompolnas Komputer Komunitas kon Konferensi KONI Konsumen Koperasi Kopermasu Kopi Kopi Pagi Korupsi Kota Medan KPK KPR KPU Kriminal KRYD KSAD Kudeta Kuliner Kunjungan Kerja Kutai Kartanegara Labuhan Batu Lahan Lakalantas Laksi Lalu Lintas Lampung Langka Langkat Lapas Launching Launching Album Launching Aplikasi Launching Buku LAZISMU Lebaran Legislatif Lembaga LGBT Lifestyle Lingkungan Lingkungan Hidup LIPPI Listrik Lock Down Lomba lomba lari London LPPI LPS LSM Lukas Enembe Madina Mahasiswa Mahkamah Agung Mainan anak Majalengka Makanan Jepang Makassar Makkasar Mall Maluku Market Outlook Masjid Masker Masyarakat Mata Uang Maulid Nabi Mayday MDMC Medan Denai Media Media Sosial Megapolitan Menag Mendag Mendagri Menembak Menteri Menteri Perdagangan millenial Minuman Keras Minuman sehat Minyak Goreng Minyak Makan Miras Mobil MOI Motivasi MoU MPR MPR RI Mudik Muhammadiyah Muharram MUI Munas Musibah Musik Musyawarah Musywil Narkoba Narkotika NasDem Nasional Natal Natal & Tahun Baru New Normal NII NKRI NTT NU ODGJ Office Ojek Online Ojol Olah Raga Olahraga Ombusman Omicron Online Operasi Patuh Operasi Yustisi Opini Organisasi Ormas Otomotif P Padang Padangsidimpuan Pagelaran Pahlawan Pajak Pakta Integritas Palestina Pameran PAN Pancasila Papua Parawisata Pariwisata Partai Demokrat Partai Politik Partai UKM Partai Ummat Pasar Pasar modal Pasar Murah Pasar Tradisional Paspampres Patroli PC PDI Perjuangan PDIP Perjuangan pe Pedagang Pegadaian Pelajar Pelajar Islam Indonesia Pelantikan Pelatihan Pelayanan Publik Pelecehan seks Pelukis Peluncuran Pemadam Kebakaran Pemalakan Pembangunan Pembayaran Elektronik Pembunuhan pemerasan Pemerintah Pemerintahan Pemerkosaan Pemilu Pemuda Pemuda Melati Indonesia Pemuda Muhammadiyah Pemuka Agama pen Penandatanganan Pencabulan Pencemaran Nama Baik Penculikan Pencurian Pendataan Pendidikan Penelitian Penembakan Penerbangan Penertiban Pengabdian Pengadilan Pengadilan Negeri Pengajian Pengamanan Pengamat Penganiayaan Pengawasan Pengetahuan Penggelapan Penghargaan Penghijauan Pengusaha Penipuan Penistaan Agama Penulis Penyakit Penyandang Disabilitas Penyuluhan Perampasan Perayaan Perbankan Percut Sei Tuan Perdagangan Perekonomian Perempuan & Anak Peresmian Pergaulan Perhubungan Perikanan Peristiwa Perjanjian Perjudian Perkawinan Perlombaan Permainan Perpajakan Pers Pertamina Pertanahan Pertanian Perusahaan Pesawat Terbang PET Pileg Pilkada PIlkades Pilpres Pin Pinjam meminjam uang Pinjaman Online PKL PKS PMI Polairud Polantas Polisi Cilik Politik POLRI Polwan Pondok Pesantren Ponpes Pornografi Posko Ummat PPKM PPWI Pra Kerja Prabowo Pramuka Praperadilan Prawita Genppari Premanisme Presiden Prestasi Primbon Politik Prokes promo Property Prostitusi Protokol Kesehatan PSI PSSI Public Expose Publik expose Puisi Pungli PUPR Pusat Perbelanjaan Puskesmas PWI Qurban Radikalisme Rafdinal Ragam Rakernas Rakor Ramadhan Reksadana Rektor Relawan Relawan Jokowi Religi Remisi Rentan Renungan resa Restoran Reuni 212 Revolusi Mental Reward RKUHP Robot Ruang Guru Rumah Rumah sakit Rups Rusia RUU Saber Pungli Sabu Sahabat Anak Sains Salon Samosir Samsat Samsung Sanitasi air.Lingkungan hidup Santri SAR Satlantas Satpol PP Satwa Sejarah Sekolah Sembako Seminar Sengketa Seniman Senjata Senjata Api Sepak Bola Separatis Sepeda Sepeda sehat Serdang Bedagai Sertifikat Sertijab sho Sigli Silaturahim Silaturahim. KUYAI Kartanegara Silaturahmi Silaturrahim SIM Simalungun Simpan Pinjam Simulasi Smartphone Soekarno Solar Somasi Sosial Sosialisasi Startup Stasiun STOP PRES...!!! Studi Ilmiah Stunting Suku bunga Sulawesi Selatan Sumatera Barat Sumatera Utara Sumpah Jabatan Sumut Sungai Superstore Suplemen Surabaya Surat Terbuka Suriyono Adi Susanto Suriyono Adi Susanto {SAS) Survei Survey susu Swab Antigen Syafi'i Ma'arif Syariah Syawal Takjil Tali Kasih Talkshow Tanjung Balai Tantama Tapanuli Tengah Tawuran Teknologi Teror Terorisme Tes Urine Tiket Tilang Tips Tjahyo Kumolo TNI TNI AU TNI-Polri Tokoh Tokoh Agama Tokoh Masyarakat Tol Toys Kingdom ToysKingdom Tragedi Transportasi Trend Rambut True Money Uang Uang Palsu UIN Ujaran Kebencian UKM Ukraina Ulama UMJ umkm UMSU Undang-Undang UNIMED UniPin Universitas Unjuk Rasa Upacara Usaha Rakyat UU Cipta Kerja UU ITE UUD 1945 Vaksinasi Vaksinasi booster Valentine Day Verifikasi Viral Virus Corona Walikota Wanita Wapres Wartawan Webinar Wirausaha Wisata WNA Workshop Yogyakarta Zulkifli Hasan

Arsip Berita

IKLAN

IKLAN

IKUTI BERITA VIDEO KAMI DI YOUTUBE

POS PETIR

VIRUS COVID-19

Wabah Virus Corona (Covid-19) Sudah Menyerang Indonesia, Setiap Hari Korban Semakin Bertambah Sampai ada yang Meninggal, Rakyat Semakin Cemas dan Khawatir, Bagai Tersambar Petir Mendengar Virus Corona.

HALLO KRING..!!!

12 PAS

PANCASILA UDAH FINAL

Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila Banyak Penolakan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat, Memang Seharusnya Tidak Usah Dibahas Dan Lebih Baik Dibatalkan. Pancasila Dasar Negara.
Tendangan 12 PAS Dihentikan

SOS

INDONESIA DARURAT NARKOBA

Sudah dijatuhi hukuman mati bahkan sudah ada yang dieksekusi, tapi masih banyak bandar narkoba semakin merajalela, terbukti banyak yang ditangkap petugas Polisi maupun BNN (Badan Narkotika Nasional) tapi belum kapok juga mereka, justru sipir penjara malah terlibat. Kalau sudah darurat begini, hukuman mati jangan berhenti, jalan terus!.

QUO VADIS

Kunjungan Statistik

Online

IKLAN USAHA ANDA


PRO KONTRA VAKSINASI

~> Program Vaksinasi Yang Diluncurkan Pemerintah Mendapat Sorotan Dari Berbagai Masyarakat, sehingga terjadi pro dan kontra

<~ Memang Sebenarnya Harus Jelas Disampaikan, Maksud dan Tujuan Vaksinasi, Karena dilapangan Ada Perbedaan Orang Yang Akan Divaksin dan Yang Tidak Boleh Divaksin, membuat masyarakat Bingung

Link Terkait

close
Banner iklan disini