Showcase game bertajuk External Demo Day secara online di channel YouTube IGSI telah dilaksanakan pada tanggal 30 September 2020. Acara ini merupakan bagian dari program IGSI, yang memperlihatkan game yang telah dikembangkan oleh para peserta inkubasi batch ke-2 selama empat bulan masa inkubasi kepada para game publisher serta investor juga kepada publik.
Dinoor Susatijo SM Indigo Management dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut data Asosiasi Game Indonesia (AGI), pertumbuhan pengembang game di Indonesia naik 10% –20% di masa pandemi.
"Selain itu, Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan industri ini menghasilkan pendapatan sebesar sekitar Rp15 triliun, atau setara USD1,04 miliar pada 2019," kata Dinoor dalam keterangan tertulis kepada media. Sabtu (24/10)
Menurutnya, Pemerintah mendorong industri game dengan memberi berbagai inisiatif strategis. Tujuannya agar konten game yang dibuat oleh developer Indonesia dapat mendominasi pasar game nasional, bahkan global.
Dalam kata sambutan, dijelaskan juga mengenai dua program utama di IGSI, yaitu DILo Game Academy (DGA) dan program inkubasi game startup.
Melalui program ini, Dinoor mengatakan, “Diharapkan talenta-talenta tersebut dapat saling berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah startup game baru yang (dapat) menghasilkan karya yang (berpotensi untuk) tumbuh besar di pasar.”
Sementara itu, Dedi Suherman selaku CEO Melon mengatakan, disayangkan industri game di Indonesia ini masih dikuasai oleh produk dari luar negeri, padahal industri ini merupakan sebuah industri yang sangat menjanjikan.
Dedi kemudian mengatakan, “Kami berharap konten lokal (dan) game lokal bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Keterampilan, skill, dan kemampuan kita men-develop (mengembangkan) game menjadi kata kunci bagaimana game (kita) bisa menguasai pasar tanah air dan bisa diekspor ke luar negeri.”
Setelah berbagai kata sambutan, External Demo Day masuk ke acara inti, yaitu memperlihatkan hasil game dari para peserta IGSI batch ke-2. Setiap tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan game mereka, terutama pada para game publisher serta investor.
Penutupan program IGSI batch ke-2 ini telah dilakukan pada Jumat, 9 Oktober 2020, dan program IGSI batch ke-3 akan mulai berjalan pada pertengahan bulan Oktober 2020.
10 Hasil Game Peserta Program IGSI Batch 02
1. Dreams Studio: Milky Way: Idle Space Shooter
Platform: Mobile
Genre: 3D Idle Space Clicker
2. Orange Games Production: Elementalist
Platform: Mobile
Genre: Role Playing Strategy, Fantasy
3. Alphac Studios: Labs 2045
Platform: Mobile
Genre: Action, Shooter
4. Last Boss Studio: Tower Dungeon
Platform: Mobile
Genre: Rhythm, Turn-Based RPG
5. Sweet Potato Studio: Witch Game
Platform: Mobile
Genre: Online-Multiplayer, Shooter
6. GrinSmile: (Don't) Step on Me!
Platform: Personal Computer (PC)
Genre: Couch Party
7. 4Happy Studio: Who is He: Let Me Out
Platform: Mobile
Genre: Mystery, Puzzle, Horror, Adventure
8. Clay Game Studio: Faerie Afterlight
Platform: Personal Computer (PC)
Genre: Adventure, Metroidvania, 2D Platformer, Action
9. Studio Teamless: Make Peas not War
Platform: Personal Computer (PC)
Genre: Roguelite Dungeon Crawler
10. Pendopo Studio: Rendezvous
Platform: Personal Computer (PC)
Genre: Puzzle, Adventure. (Arianto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar